Gen Z Malang Suka Ngopi? Ini Manfaat Kopi untuk Kesehatan

Sabtu 28-09-2024,06:42 WIB
Reporter : Aqilah
Editor : Agung Pamujo

KOTA, DISWAY MALANG.COM - Semakin maraknya kafe dan toko kopi di Malang menunjukkan popularitas kopi  yang kian meningkat. Itu juga berarti, demikian pula penikmat kopi, jumlahnya juga makin banyak. 

Bagi para penikmat kopi, mungkin kebanyakan menyukai kandungan kafein yang dapat mengatasi rasa kantuk serta dapat menambah energi selagi bekerja. 

Namun, manfaat kopi tak hanya itu. Ada beberapa manfaat kopi yang bagus untuk kesehatan bila di minum dengan cara yang tepat. Berikut adalah beberapa manfaat kopi bagi kesehatan.

1. Menjaga kesehatan otak 

Manfaat kopi hitam salah satunya adalah menjaga kesehatan otak. Kandungan kafein dalam kopi dapat memberikan efek positif terhadap otak. Bahkan kopi dapat menurunkan risiko Alzheimer hingga demensia. 

2. Meningkatkan daya ingat 

Salah satu manfaat kafein dalam meningkatkan kesehatan otak tentunya dapat meningkatkan daya ingat. Kafein dapat meningkatkan kemampuan otak dalam menyimpan memori jangka panjang. 

3. Menjaga kadar gula darah 

Selain bermanfaat bagi otak, kopi dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin sehingga menjaga kadar gula darah tetap normal. Manfaat ini dapat dirasakan jika tidak menambahkan gula atau bahan pemanis lainnya saat mengonsumsi kopi. 

4. Membantu menurunkan berat badan

Kafein dalam kopi dalam meningkatkan sistem metabolisme dan mempercepat pembakaran lemak. Sehingga mampu untuk menurunkan berat badan dan membantu diet. 

5. Menjaga kesehatan hati 

Dengan mengonsumsi Dua hingga tiga cangkir kopi sehari dapat membantu menurunkan risiko terserangnya penyakit hepatitis, sirosis hati, perlemakan hati, hingga kanker hati.  

6. Menjaga kesehatan jantung 

Mengonsumsi 1 sampai 2 cangkir kopi per hari dapat menjaga kesehatan jantung  serta menurunkan risiko stroke. 

Kategori :