UM Gelar Sosialisasi Panduan Brand Identity, Perkuat Citra Institusi Lewat Strategi Terpadu

Rabu 16-04-2025,18:00 WIB
Reporter : Agung Budi Prasetyo
Editor : Agung Pamujo

MALANG, DISWAYMALANG.ID – Universitas Negeri Malang (UM) menggelar kegiatan sosialisasi Guideline Brand Identity pada Selasa(16/4) bertempat di Aula Lantai 9 Gedung Rektorat. Acara ini menjadi langkah strategis untuk memperkuat identitas visual dan citra institusi secara konsisten di seluruh lini kampus.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor IV, Kepala Subdirektorat Hubungan Masyarakat dan Kerja Sama, Kepala Subdirektorat Data dan Informasi, Kepala Seksi Humas, serta perwakilan dari berbagai fakultas dan unit kerja di lingkungan UM.

Satu Visi, Satu Identitas

Direktur PDIPHK Dr. Yuni Rahmawati, S.T., M.T., mewakili Tim Branding UM menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan menyamakan persepsi seluruh civitas akademika mengenai pentingnya penerapan panduan identitas brand secara menyeluruh.

“Branding UM harus dilakukan secara terkoordinasi. Sosialisasi ini menjadi bagian dari upaya menyatukan visi semua pihak dalam membangun citra UM yang kuat,” ujar Dr. Yuni.

Identitas yang Dikenali dan Dikenalkan

Dalam sambutannya, Wakil Rektor IV Prof. Ir. Arif Nur Afandi, S.T., M.T., MIAEng., MIEEE., Ph.D., menegaskan bahwa branding adalah wajah universitas yang harus dikenali oleh publik.

“UM bukan hanya institusi, tapi keluarga besar. Melalui branding, kita memperkenalkan siapa kita kepada masyarakat. Ini harus konsisten dan bisa dikenalkan secara luas,” ungkapnya.

Lima Alasan Pentingnya Brand Identity

Materi utama disampaikan oleh Dr. Andika Agung Sutrisno, S.Sn., M.Sn., anggota Tim Branding UM. Ia menguraikan lima alasan krusial pentingnya panduan brand identity:

  • Menjaga konsistensi visual dan pesan komunikasi agar mudah dikenali publik.
  • Mempermudah identifikasi UM di berbagai platform digital maupun fisik.
  • Mencerminkan profesionalisme sebagai institusi pendidikan unggulan.
  • Meningkatkan efisiensi kerja tim kreatif kampus.

Menjaga integritas dan reputasi UM dari potensi penyalahgunaan identitas brand.

Peserta juga dikenalkan lebih jauh dengan sejarah dan filosofi logo UM, panduan penggunaan elemen visual yang tepat, serta pengenalan maskot resmi UM, “Cakra”, dan berbagai merchandise resmi universitas.

Dukung SDGs dan Transformasi Pendidikan

Inisiatif ini sejalan dengan komitmen UM dalam mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) poin ke-4, yakni menyediakan pendidikan berkualitas, inklusif, dan merata. Melalui branding yang solid, UM berupaya memperkuat perannya dalam transformasi pendidikan di tingkat nasional maupun global.

 

 

 

Kategori :