Jeruk 55 a.k.a Jeruk Punten, Jeruk Lokal Batu dengan Banyak Khasiat

Senin 23-09-2024,18:06 WIB
Reporter : Aqilah
Editor : Agung Pamujo

BATU, DISWAY MALANG.COM - Jeruk keprok adalah jenis jeruk  yang tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Jeruk ini mudah dikenali, karena beda dengan jeruk mandarin yang kulitnya  nyaris selalu berwarna full oranye, kulit jeruk keprok mayoritas masih bersaput kehijauan. Ukuran jerok keprok juga lebih besar dari jeruk mandarin. 

Bagi penggemar buah lokal, jeruk keprok lebih disukai karena rasanya yang lebih manis dibanding jeruk lainnya. Lebih-lebih jeruk keprok yang banyak  tumbuh di Batu, yang dikenal dengan nama 55.

Jeruk ini sebenarnya adalah jeruk lokal asal Desa Punten, Kota Batu. Namanya berganti terkait dengan kepentingan suatu lomba. Meski kini banyak petani jeruk di Batu (dan juga.Malang) menanam jenis jeruk siem, namun jeruk Punten atau 55 tetap banyak dicari, karena rasanya lebih manis. Termasuk jadi pilihan Hotel Aston Inn Batu untuk dipromosikan sebagai buah unggulan Kota Batu. 

BACA JUGA:Dukung Petani Lokal, Aston Inn Batu Promosikan Jeruk Lokal Batu

Selain rasa manis, jeruk keprok Punten juga banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.Apa saja manfaat itu? Berikut adalah manfaat jeruk keprok untuk tubuh. 

1. Meningkatkan kesehatan kulit 

Jeruk Keprok dapat digunakan untuk masker wajah yang dapat menghilangkan minyak berlebih dan bakteri pada kulit. Selain jeruk keprok mengandung vitamin c yang tinggi sehingga dapat mencegah kerusakan kulit dan penuaan dini. Ditambah dapat membantu menghilangkan masalah kulit seperti jerawat, garis halus, kerutan, dan masih banyak lagi. 

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh 

Jeruk keprok mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. 

3. Menjaga kesehatan jantung

Vitamin C yang terkandung dalam jeruk keprok dapat membantu menghentikan radikal bebas dalam darah sehingga meningkatkan sirkulasi darah ke jantung dan dari jantung. Dengan mengkonsumsi jeruk keprok dapat mencegah oksidasi kolesterol LDL dan mengurangi risiko penyakit jantung. 

4. Membantu pencernaan 

Jeruk keprok memiliki serat yang tinggi sehingga dapat membantu pencernaan dalam tubuh. Kandungan banyaknya air serta vitamin A dapat membantu sistem pencernaan agar tetap terhidrasi.  

5. Mengontrol berat badan 

Jeruk keprok memiliki kandungan minyak yang memiliki efek detoksifikasi yang dapat membersihkan zat zat kotor dalam darah dan tubuh dari asam urat. Jeruk keprok dapat meningkatkan hormon stress yang dapat mempengaruhi penyimpanan lemak dalam tubuh, sehingga dapat menjaga berat badan tetap ideal. 

Kategori :