Playoffs DBL Malang, Remacht Tim-Tim Unggulan, Menanti Smanggi Kejutan Lagi

Jumat 20-09-2024,06:19 WIB
Reporter : Ludea
Editor : Agung Pamujo

SUKUN, MALANG DISWAY.COM - Kompetisi bola basket Development Basketball League (DBL) 2024 Seri Jatim Wilayah Selatan mulai memasuki babak playoffs. Dari 56 tim DBL wilayah selatan Jatim itu, hanya 24 tim yang berhak maju ke babak selanjutnya itu, hasil dari pertandingan-pertandingan babak penyisihan grup yang seluruhnya digelar di GOR Bima Sakti, Sukun, Kota Malang. Terdiri dari 16 tim putra, delapan tim putri. 

Nyaris semua tim unggulan lolos ke babak playoffs. Kejutan hanya terjadi di sektor putri, ketika tim debutan SMAN 1 Gongdanglegi (Smanggi) mencatat sejarah sebagai tim debutan satu-satunya yang lolos ke babak playoffs. Dengan status juara grup lagi. Saat penyisihan grup,  anak-anak Smanggi menyingkirkan tim SMAN 8 Malang (Smarihasta) yang lebih diunggulkan.

Perlu diketahui,  tim putri Smarihasta adalah juara DBL Seri Jatim Wilayah Selatan 2022. Tahun lalu, 2023, Smarihasta juga masuk big four, seperti juga pada tahun 2019. Namun, pada DBL 2024 ini, anak-anak Smarihasta harus terhenti di babak penyisihan grup, karena kalah 20-26 dari Smanggi, dalam pertandingan penyisihan grup. 

BACA JUGA:Kejutan Tim Debutan, SMAN 1 Gondanglegi Lolos Babak Playoffs DBL Malang

Dalam babak playoffs yang memberlakukan sistem do or die alias yang menang akan lolos ke babak selanjutnya ditunggu apakah anak-anak Smanggi akan kembali membuat kejutan dan mencatat sejarah lagi: menjadi tim debutan yang lolos ke big four. Pasalnya, tim dari kecamatan di wilayah selatan Kabupaten Malang ini akan menghadapi tim dari SMA favorit, SMAN 3 Malang. Apalagi, tim Bhawikarsu (julukan SMAN 3 Malang) menunjukkan rekor ganas saat penyisihan grup.

Dari dua pertandingan grup G, cewek-cewek Bhawikarsu  menjadi juara grup, setelah mengalahkan dua lawannya, dua-duanya dengan skor telak. 71-8 saat lawan SMAN 6 Malang, dan 52-8 saat lawan SMKN 1 Malang. Lihat, mereka meraih total 123 poin, dan dalam masing-masing pertandingan itu hanya kebobolan satu digit. 

Selain menanti tim Smanggi apakah akan membuat kejutan lagi, babak playoffs sektor putri juga akan menjadi ajang rematch atau tanding ulang beberapa tim. Tim putri SMA Kolese Santo Yusup Malang (Kosayu) kembali bertemu dengan SMA Santo Albertus Malang. Pada pertandingan DBL 2023 yang juga dilangsungkan di GOR Bima Sakti, Malang,  SMA Santo Albertus Malang berhasil mengalahkan Kosayu dengan poin 46-40.  

Rematch juga akan terjadi, saat tim putri SMA Charis National Academy Malang bertemu kembali dengan tim juara bertahan,  SMAN 1 Blitar. Pada DBL 2023,  SMAN 1 Blitar mengalahkan SMA Charis dengan skor 36-31. 

Berikut, bagan pertandingan big eight sektor putri:

Bagaimana dengan sektor putra? Juga akan terjadi partai remacth, yaitu tim putra SMAN 8 Malang akan bertemu kembali dengan tim SMA 3 Malang. Kedua tim ini pernah bertemu saat partai pembuka DBL 2023. Duel ini diprediksi bakal sengit, karena kedua tim ini juga termasuk tim unggulan. 

Selain duel Smarihasta vs Bhawikarsu, babak playoffs sektor putra yang diikuti 16 tim, akan menggelar tujuh pertandingan lain. Dari 16 tim itu, 12 tim.berasal dari Malang Raya, Saturday tim dari Pasuruan dan tiga tim asal Blitar. 

BACA JUGA:Lanjutan DBL 2024 Malang, MAN 2 dan Dua TIm Blitar Lengkapi Tim Lolos Playoffs

Berikut bagan sweet sixteenth DBL 2024 Malang untuk sektor putra. 


Bagan pertandingan playoff DBL Malang 2024-Instagram @dbl_mlg-

Babak 16 besar sektor putra akan  dipertandingkan pada Jumat, 20 September 2024 dan Sabtu, 21 September 2024. Setiap hari ada empat pertandingan, dengan tempat pertandingan tetap di GOR Bima Sakti, Sukun Kota Malang. (*) 

Kategori :