SMA Dempo Susul Lolos ke Playoffs DBL 2024, Tiga Tim Tamu Juga

Senin 16-09-2024,03:49 WIB
Reporter : Ludea
Editor : Agung Pamujo

SUKUN, MALANG DISWAY.COM - Pertandingan lanjutan dalam kompetisi bola basket pelajar Development Basketball League (DBL)  2024 Seri Jawa Timur Wilayah Selatan yang digelar di GOR Bima Sakti, Sukun, Kota Malang masuk babak-babak akhir. Setiap pertandingan pun menjadi penentu bagi tim-tim yang bisa lolos ke babak playoffs, babak selanjutnya DBL 2024 di Malang, yang hanya akan diikuti 16 tim. 

Enam pertandingan yang berlangsung pada Minggu, 15 September 2024 pun berbuah demikian. Tim-tim yang bertanding malam itu dan menang, bukan saja bisa merayakan kemenangan. Namun, sekaligus berselebrasi karena lolos babak playoffs.  

Tim putra SMA Santo Albertus Malang termasuk yang merasakan dobel selebrasi itu. Anak-anak Dempo (sebutan SMA Santo Albertus) malam itu menang atas tim SMAN 1 Batu dengan skor 46-25, dan hasil itu membawa mereka berhak ke babak selanjutnya. Demikian pula, tiga  tim dari luar Malang Raya, yaitu tim SMAN 1 Pasuruan, tim SMAN 1 Kejayan, Pasuruan dan tim SMAN 1 Sutojayan, Blitar (semuanya untuk kelompok putra), ketiganya juga berhak menyusul tim-tim lain yang sudah memastikan tempat di babak playoffs.  

BACA JUGA:Smanela Fantastis, Kalahkan Smanti, dan Lolos Babak Playoffs DBL 2024

Bagaimana jalannya pertandingan-pertandingan yang menentukan bagi beberapa tim untuk lolos ke babak playoffs? Berikut laporannya. 

SMAN 1 Blitar vs SMAN 1 Pasuruan

Pertandingan pertama hari ini dimulai pukul 10:00 WIB dengan mempertemukan tim putra SMAN 1 Blitar melawan SMAN 1 Pasuruan. SMAN 1 Blitar yang tampil dominan dengan 37,7 persen akurasi field goals dibandingkan 26,7 persen dari SMAN 1 Pasuruan, mengalahkan SMAN 1 Pasuruan dengan skor 48-11. 

SMAN 1 Blitar juga berhasil mencetak 33 steal dan mengonversi 35 poin dari turnover lawan. Sementara itu, SMAN 1 Pasuruan mengalami kesulitan dengan 41 turnover dan hanya mencetak 2 poin dari turnover. Lukas Agastya dari SMAN 1 Blitar masih menjadi top score, kali ini menyumbang 12 poin dan 6 assist.  Berkat kemenangan ini, SMAN 1 Blitar pun berhak lolos ke babak playoffs

SMAN 1 Kejayan vs SMA Islam Malang

Pertandingan kedua mempertemukan tim putra dari SMAN 1 Kejayan melawan SMA Islam Malang. Tim tuan rumah berhasil menang atas tamunya dari Kejayan, Pasuruan itu, dengan skor akhir 24-23.

Statistik duel antara SMAN 1 Kejayan vs SMA Islam Lawang menunjukkan pertandingan yang seimbang SMAN 1 Kejayan mencatat lebih banyak turnovers (29 dibanding 22), sementara SMA Islam unggul dalam steals (15 dibanding 8). SMA Islam Lawang menambah catatan keunggulan untuk konversi field goal, yaitu 17,2 persen, dibandingkan rekor field goal SMAN 1 Kejayan yang hanya 13,9 persen. Keunggulan inilah yang mengantarkan SMA Islam Lawang menang. Untungnya bagi SMAN 1 Kejayan, meski kalah tetap  tetap lolos ke playoffs sebagai runner up  grup. 

SMAN 9 Malang vs SMAN 1 Kejayan Pasuruan

SMAN 1 Kejayan kembali tampil pada pertandingan partai ketiga. Namun, kali ini yang turun tim putri yang bertanding melawan SMAN 9 Malang. SMAN 1 Kejayan Pasuruan berhasil menang atas SMAN 9 Malang dengan poin yang berbeda tipis yaitu 24-21. 

Pada kuarter pertama, kedua tim relatif imbang, dengan masing-masing tim sama-sama hanya mencetak skor rendah. SMAN 9 mencetak 4 poin, sementara SMAN 1 Kejayan berhasil unggul tipis dengan 6 poin. Setiap kuarter berjalan ketat, dengan selisih poin yang konsisten hanya terpaut 2 poin di setiap kuarter. 

SMAN 1 Sutojayan vs SMAN 7 Malang

Kategori :