Dari jumlah tersebut, 10 merupakan kereta api jarak jauh reguler, dan 1 merupakan kereta api lokal tambahan untuk mengakomodasi peningkatan jumlah penumpang.
Perubahan Pola Operasi di Jalur Utara, Imbas Banjir di Grobongan
Di tengah meningkatnya aktivitas perjalanan, banjir di wilayah Grobogan, Jawa Tengah, berdampak pada jalur kereta api di km 32+5/7 antara Stasiun Gubug dan Stasiun Karangjati.
Luqman Arif menjelaskan bahwa genangan air ini mengganggu operasional dan memaksa perubahan rute dua kereta api, yaitu KA Jayabaya dan KA Brawijaya sampai waktu yang belum dapat ditentukan.
KA Jayabaya kini melalui rute Surabaya Pasar Turi – Solo Jebres – Gundih – Brumbung – Semarang. Perubahan pola operasi ini menambah jarak tempuh dan memperpanjang waktu perjalanan hingga 90–120 menit.
“Kami menyampaikan permohonan maaf kepada para pelanggan atas adanya kelambatan ini. Sebagai kompensasi, para pelanggan terdampak akan dibagikan service recovery sesuai Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor PM 63 Tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang dengan Kereta Api," ujar Luqman.
Kebijakan Pembatalan dan Refund Tiket
Bagi pelanggan yang terdampak perubahan jadwal dan ingin membatalkan perjalanan, KAI menyediakan opsi pengembalian dana (refund) penuh sebesar 100 persen di luar biaya pemesanan.
Hingga saat ini, tercatat 11 pelanggan membatalkan tiket, dengan rincian 9 pembatalan di Stasiun Malang dan 2 di Stasiun Malang Kota Lama.
Antisipasi dan Informasi Lanjutan
Luqman mengingatkan calon penumpang untuk memeriksa kembali jadwal keberangkatan, mempersiapkan waktu perjalanan menuju stasiun, dan mengantisipasi kemacetan lalu lintas.
Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat menghubungi Customer Service KAI di stasiun, Contact Center KAI di 121, WhatsApp di 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau melalui media sosial KAI121.
Dengan upaya peningkatan layanan dan pengelolaan situasi darurat akibat banjir, KAI Daop 8 Surabaya berkomitmen untuk terus memberikan perjalanan yang aman, nyaman, dan memuaskan bagi pelanggan. (*)