Satu Lagi Event Internasional UMM: UMM Autism Summit 2024

Minggu 15-09-2024,09:14 WIB
Reporter : Belqis
Editor : Agung Pamujo

LOWOKWARU, DISWAY MALANG.COM-- Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali menggelar kegiatan akbar berskala internasional. Kali ini berupa summit atau pertemuan internasional mengenai autisme, yan diberi tajuk UMM Austism Summit 2024. Sebagai penyelenggara kegiatan yang akan berlangsung pada 3-5 Oktober 2024 di Kampus 3 UMM  ini adalah Fakultas Psikologi (Fapsi) UMM. Disway Malang juga terlibat sebagai pendukung kegiatan ini, sebagai media partner. 

Dalam rilis yang dibagikan penyelenggara disebutkan, akan hadir para ahli dari dalam dan luar negeri  untuk menjadi pembicara dalam seminar internasional yang merupakan salah satu satu agenda dalam UMM Austism Summit 2024. Selain itu, juga akan hadir tokoh-tokoh inspiratif dan pegiat austisme dan/atau individu berkebutuhan khusus (IBK) yang akan akan berbagai pengalaman dan pengetahuan, dalam agenda talk show

"Acara ini diharapkan dapat menjadi jembatan antara komunitas autisme dengan masyarakat umum dalam mewujudkan lingkungan yang lebih inklusif dan mendukung," demikian, salah satu poin dalam rilis dari panitia. 

Ditambahkan, UMM Austism Summit 2024 bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan, serta dukungan terhadap komunitas penyandang autisme atau IBK di Indonesia. Kegiatan bersifat terbuka dan bisa  diikuti oleh masyarakat,  mulai dari keluarga yang memiliki anggota berstatus IBK, para profesional dan akademisi terkait autisme, serta semua yang peduli terhadap isu autisme atau IBK.

Untuk itu, panitia telah menyusun serangkaian kegiatan  UMM Autism Summit 2024 agar bisa mencapai tujuan event ini. Yaitu, sebagai berikut :

1.    Seminar Internasional
Dalam seminar ini, para ahli dari dalam dan luar negeri akan berbagi wawasan terbaru mengenai penelitian, intervensi, dan kebijakan terkait autisme atau IBK. Topik-topik menarik akan mencakup inovasi terapi, pendidikan inklusif, hingga perkembangan teknologi yang mendukung penyandang autisme atau IBK.  Seminar ini akan menjadi forum penting bagi para profesional di bidang kesehatan mental, pendidikan, dan kebijakan publik.


2.    Workshop Tematik
Beragam workshop interaktif yang mendalam dan praktis akan diadakan, dengan tema-tema spesifik. Workshop ini ditujukan untuk tenaga ahli, terapis, pendidik, serta orang tua yang ingin memperluas pengetahuan dan keterampilan mereka dalam mendukung individu dengan autisme atau IBK.


3.    Talkshow
Acara talkshow yang akan menghadirkan tokoh-tokoh inspiratif, termasuk aktivis IBK, penyandang autisme yang telah berhasil mencapai prestasi, serta para pakar dalam bidang autisme. Talkshow ini bertujuan untuk berbagi kisah inspiratif dan membangun pemahaman lebih dalam tentang hidup bersama autisme atau IBK, serta bagaimana masyarakat dapat mendukung mereka secara efektif.


4.    Ekspo Therapy Center
Ekspo ini akan menghadirkan pusat terapi, klinik, dan lembaga yang menyediakan layanan bagi penyandang autisme atau IBK. Para peserta dapat memperoleh informasi langsung tentang berbagai terapi dan program dukungan yang tersedia, mulai dari terapi okupasi, terapi psikologi, hingga program intervensi dini.


5.    Bazar
Selain kegiatan edukatif, bazar akan diadakan untuk menampilkan produk-produk buatan tangan dari penyandang autisme serta berbagai komunitas yang mendukung autisme atau IBK. Bazar ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mendukung ekonomi kreatif yang dijalankan oleh penyandang autisme atau IBK dan keluarga mereka.

Panitia kembali menegaskan, bahwa UMM Autism Summit 2024 terbuka untuk semua kalangan masyarakat yang peduli terhadap autisme atau IBK Untuk informasi lebih lanjut dan bagi yang ingin mengikuti kegiatan ini, silakan mengunjungi situs  berikut, atau menghubungi panitia melalui nomor kontak yang tertera, di bawah ini.  Pendaftaran untuk kegiatan seminar, workshop, dan expo telah dibuka dengan kuota terbatas. (*)


WEB PENDAFTARAN & INFO:
https://mpsi.umm.ac.id/id/agenda/umm-autism-summit-2024.html

KONTAK PERSON:
Dr. Zainul Anwar (Mas Zai): 08155513977
Dr. Siti Maimunah (Mbak Atis): 08123306397
Atika Permata Sari, M.Psi, Psikolog (Mbak Atika): 085736085369

Kategori :