1 tahun disway

KAI Daop 8 Permudah Refund Tiket Dampak Gangguan KA Argo Bromo, Bisa via Call Center dan Aplikasi

KAI Daop 8 Permudah Refund Tiket Dampak Gangguan KA Argo Bromo, Bisa via Call Center dan Aplikasi

--

SURABAYA, DISWAYMALANG.ID – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya membuka opsi refund tiket secara online bagi pelanggan yang terdampak gangguan perjalanan KA Argo Bromo Anggrek pada 1 Agustus 2025 lalu. Kini, proses pembatalan tiket dapat dilakukan melalui Contact Center 121, baik lewat sambungan telepon (021-121) maupun fitur VoIP di aplikasi Access by KAI.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, mengatakan kebijakan ini bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada pelanggan yang tidak dapat melanjutkan perjalanan akibat insiden rintang jalan.

“Pelanggan tidak perlu datang ke stasiun. Cukup melalui call center atau aplikasi, pembatalan tiket dan pengembalian bea (refund) bisa dilakukan dengan cepat dan praktis,” ujar Luqman dalam siaran pers, Selasa (5/8).

Luqman menegaskan, skema refund 100 persen berlaku bagi penumpang yang mengalami keterlambatan lebih dari satu jam, menolak perubahan rute (rerouting), tidak bisa melanjutkan perjalanan ke stasiun tujuan, atau menolak moda transportasi pengganti.

BACA JUGA:Gangguan Operasional KA Argo Bromo, Sejumlah Kereta Tujuan Malang Alami Keterlambatan

Layanan ini berlaku khusus untuk penumpang dengan tiket keberangkatan tanggal 1, 2, dan 3 Agustus 2025. Proses pengajuan cukup dengan menghubungi layanan Call Center 121. Petugas akan melakukan verifikasi data sebelum dana dikembalikan melalui transfer bank.

Berikut ketentuan lengkap pengembalian bea:

•Refund 100% dari nilai tiket (tidak termasuk bea pemesanan).

•Berlaku untuk tiket keberangkatan tanggal 1–3 Agustus 2025.

•Pengajuan refund maksimal dilakukan dalam waktu 7x24 jam sejak tanggal keberangkatan.

•Pembatalan dapat dilakukan via loket stasiun online atau secara digital melalui Contact Center 121.

BACA JUGA:Ini 9 Game Mobile yang Pernah Berkolaborasi dengan Persona 5, Project Sekai juga Ada!

Dokumen yang Diperlukan:

Untuk pengajuan refund lewat Contact Center 121, pelanggan wajib menyiapkan data berikut:

Sumber: humaskai