Mau Kembangkan dan Launching Game? Modalin dengan Ikut Gimersia Aja
Butuh modal untuk promosikan gimmu? Ikut saja Gimersia: Launchpad dari Ekraf RI. --IG Asosiasi Gamer Indonesia
MALANG, DISWAYMALANG.ID--Sebuah acara digagas khusus untuk memperkuat fondasi industri pengembangan gim Nusantara. Namanya Gimersia: Launchpad 2025.Digagas oleh Kementerian Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Ekraf RI).
Gimersia: Launchpad bukan hanya menawarkan bimbingan, tetapi juga jalur strategis agar karya para pengembang benar-benar siap memasuki pasar, baik lokal maupun global. Apalagi dengan ikut Gimersia, pengembang gim indie bisa terbantu secara finansial.
Apalagi syaratnya sangat mudah. Acara ini terbuka untuk siapa saja: tim besar, studio kecil, bahkan pengembang solo yang bekerja dari kamar kos.
Selama berkomitmen mengikuti seluruh rangkaian mulai pembekalan, evaluasi, hingga pengujian maka pintu terbuka lebar. Untuk pendaftaran dibuka mulai hari ini hingga 23 November 2025 melalui tautan bit.ly/gimersialaunchpad.
Gimersia diproyeksikan bakal menjadi menjadi ruang akselerasi di industri gaming secara langsung. Gimersia menfasilitas playtesting, pendanaan, promosi, hingga akses analisis data pemasaran.
Playtesting: Tahap Awal Menentukan Arah
Setelah lolos tahap kurasi awal di 26 November 2025, pengembang gim akan memasuki fase pertama: Gimersia 2025 Game Testing. Di sinilah gim diuji bukan hanya sebagai ide kreatif, tetapi sebagai produk. Sebelum masuk ke Game Testing pada 27 November 2025 ada kick-off dan pembekalan.
Setelah itu, barulah pengembang gim menyiapkan demo build terbaru, baik untuk platform PC maupun mobile. Harus ada halaman gim di Steam atau Google Play, lengkap dengan tautan demo yang bisa dimainkan.
Tujuannya jelas. Panitia ingin memastikan bahwa gim yang diuji adalah produk yang sudah memasuki tahap pre-launch atau polishing. Artinya, bukan lagi sekadar konsep, tetapi karya yang siap disempurnakan menuju perilisan. Demo build tersebut minimal dirilis tahun ini atau direncanakan rilis di 2026.
Dalam proses ini, peserta juga harus memberikan aset visual serta informasi produk untuk kebutuhan promosi. Ya, logo, trailer, screenshot, hingga deskripsi. Semua ini akan menjadi fondasi penting dalam menentukan bagaimana gim tersebut diposisikan di pasar. Fase tersebut dilaksanakan mulai 28 November - 2 Desember 2025.
Dan di saat yang bersamaan pengembang gim wajib mempromosikannya. Tenang, ada insentif menarik bagi gim yang lolos kurasi untuk menunjukkan unjuk gigi di media sosial. Peserta akan mendapat dukungan dana promosi hingga USD 1.000.
Sehingga acara itu mengharuskan peserta memiliki dashboard iklan seperti Google Ads, Meta Ads, atau TikTok Ads. Agar mereka benar-benar memahami bagaimana memasarkan gim secara digital.
Game Promotion: Menyentuh Tahap Profesional
Jika tahap playtesting dan promosi tahap 1 terlewati terlewati, peserta akan melakukan analisis pasar pada 3 Desember. Pada tahap ini, gim belum boleh dirilis secara publik. Hanya boleh dipromosikan lewat media sosial.
Sumber:
