1 tahun disway

Samsung Kembali Terpilih jadi Most Recommended Brands 2025

Samsung Kembali Terpilih jadi Most Recommended Brands 2025

Produk Samsung yang paling populer; handphone--disway news network

JAKARTA, DISWAYMALANG.ID - Samsung berhasil kembali meraih posisi pertama dalam daftar tahunan Most Recommended Brands 2025. Dalam daftar yang dirilis perusahaan riset global YouGov, brand eletronik asal Korea Selatan meraih posisi tersebut dengan skor mengesankan. Yaitu 90,9 persen.

Dalam daftar tersebut, Samsung diikuti oleh Shopee (90 persen) di posisi kedua. Yang mengejutkan, perusahaan penerbangan nasional,  Garuda Indonesia ada di peringkat ketiga dengan skor 89.4 persen.

Menurut General Manager YouGov Indonesia & India, Edward Hutasoit, tampilnya tiga brand di atas di posisi tiga besar menunjukkan tingginya kepercayaan konsumen terhadap merek-merek di sektor teknologi dan perjalanan. "Di tengah gempuran media dan informasi, rekomendasi langsung dari konsumen tetap jadi salah satu pengaruh paling kuat terhadap citra dan kesuksesan merek," ucapnya kepada media secara daring, pada Selasa (15/7).

Menariknya, Samsung sendiri sebelumnya juga telah dinobatkan sebagai Best Global Brand versi YouGov pada Januari 2025. Ini  menandakan kekuatan merek ini di Indonesia dan juga secara global.

"Fakta bahwa Samsung jadi yang terdepan baik di Indonesia maupun dunia menunjukkan pentingnya konsistensi dan nilai nyata dalam membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen," pungkas Edward.

BACA JUGA:UB Jalin Kerjasama dengan Western Sydney University, Jajaki Kerja Sama Double Degree dan Mobilitas Akademik

Indonesia Juara dalam Memberikan Rekomendasi

Di sisi lain, YouGov juga mengungkapkan bahwa Indonesia telah menempati posisi tertinggi secara global dalam daftar antusiasme konsumen memberi rekomendasi. Dalam data tersebut, disebutkan bahwa 69 persen orang Indonesia setuju dengan pernyataan “Saya senang merekomendasikan sesuatu ke orang lain”.

Menurut Edward, antusiasme konsumen Indonesia untuk berbagi pendapat adalah kekuatan yang luar biasa bagi brand-brand lokal. "Mereka bukan sekadar pembeli, tapi pendukung aktif. Buat pemasar, ini jadi peluang besar untuk mendorong pertumbuhan organik lewat pengalaman yang konsisten dan berkesan," tutur Edward.

Selain itu, YouGov turut mencatat bahwa merek lokal seperti Garuda Indonesia, Traveloka, dan BCA mampu bersaing sejajar dengan merek global ternama. Hasil ini menegaskan bahwa brand digital dan sektor perjalanan menjadi yang paling dipercaya konsumen Indonesia.

Tidak hanya itu, YouGov juga mengidentifikasi merek-merek yang mencatat peningkatan paling signifikan dalam setahun terakhir.

Ellips, Sanyo, dan jaringan hotel Ibis menempati posisi teratas, menunjukkan peningkatan sentimen positif di kategori kecantikan, elektronik, dan akomodasi terjangkau.

BACA JUGA:DPRD Kota Malang Sahkan Perda Pengarusutamaan Gender, Dorong Pemerintah Wujudkan Kesetaraan Nyata

Komitmen Samsung ke Industri Teknologi

Di sisi lain, Samsung sendiri sebelumnya juga turut menyatakan komitmennya untuk tumbuh bersama Indonesia melalui inovasi teknologi, penguatan produksi dalam negeri, serta kontribusi ekonomi dan sosial yang berkelanjutan.

Menurut President Samsung Electronics Indonesia, Harry Lee, Samsung secara konsisten juga mendukung program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dari pemerintah. Komitmen ini dibuktikan lewat pemenuhan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk berbagai produk, termasuk smartphone.

Sumber: disway news network