UM Digandeng Lembaga Jerman, Sajikan Pameran Sains di MCC

UM Digandeng Lembaga Jerman, Sajikan Pameran Sains di MCC

--

BLIMBING, DISWAY MALANG.COM--Ada pameran yang agak beda di Lantai IV Gedung Malang Creative Center (MCC) pada September 2024 ini. Yakni, pameran tentang ilmu pengetahuan yang diberi tajuk Sains Universum Mensch Intelligenz (UMI).

Penyelenggaranya adalah Goethe Institute Indonesia, yakni Lembaga Kebudayaan dan Bahasa Jerman, dengan menggandeng Program Studi Bahasa Jerman Universitas Negeri Malang (UM). Satu lagi bagian dari kolaborasi penyelenggara pameran adalah lembaga riset sains Max Planck Gesellschaft Institut.

 

Pameran tersebut mengusung lima tema besar.  Yaitu:
1.      Alam semesta
2.      Sejarah manusia
3.      Antroposen (zaman manusia menjadi penentu di bumi),
4.      Otak
5.      Kecerdasan Buatan


Setiap tema tersebut ditampilkan dalam papan besar yang dilengkapi gambar dan narasi. Ada lima papan besar dengan gambar dan narasi, sesuai dengan lima tema besar pameran. Dalam setiap papan penampil besar itu, terdapat berbagai penjelasan yang menarik yang dapat kita baca. Selain itu, masih ada petugas yang adalah mahasiswa Prodi Bahasa Jerman UM, yang membantu menjelaskan setiap tema

Salah satu tema yang banyak menarik perhatian pengunjung adalah tema tentang otak. Ini karena selain narasi dan gambar di papan penampil, juga ada beberapa spot tempat di tema otak. Spot itu disebut spot perasaan yang diberi musik melingkar dengan audio berbeda.  


Spot perasaan yang ditampilkan salah satunya adalah cinta. Pada spot ini, diputarkan lagu yang bernuansa bahagia, tenang dan penjelasan mengenai cara kerja otak ketika seseorang sedang jatuh cinta. Pada pameran tersebut dijelaskan juga bagaimana hormon manusia bekerja dalam memproses perasaan cinta.

Tema lain yang tidak kalah menarik adalah tema  kecerdasan buatan. Lalu, di sudut ruang pameran, juga ada ukisan analog berpadu teknologi coding quick respons artistic (QR Art), karya Doddy Hernanto Mr D, bergambar Johann Wolfgang von Goethe. Tokoh besar Jerman yang lahir di Frankfurt pada tanggal 28 Agustus 1749 ini adalah tokoh sastra, filsafat, dan ilmu pengetahuan. Juga seorang penyair. novelis, ilmuwan, negarawan, dan kritikus.


Goethe meninggalkan jejak melalui berbagai karya terkenal yang mencerminkan kecerdasannya. Salah satu karya terkenal dari Goethe adalah "Faust". Sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan untuk Goethe, pemerintah Jerman menggunakan namanya untuk sebuah lembaga yang mempromosikan bahasa dan budaya Jerman di seluruh dunia yang dikenal sebagai Goethe institut.


Penanggung jawab pameran, Wina dari UM menjelaskan, pameran ini dilaksanakan dari 15 agustus sampai 20 September. Menurut dia, pengunjung biasanya anak-anak SD hingga SMA.

Wina menambahkan, pameran ini bertujuan meningkatkan minat terhadap sains dan riset kepada masyarakat. Khususnya, generasi muda. 

Untuk itu, bagi yang ingin melakukan tur dengan pemandu pameran, dapat melakukan pendaftaran tur melalui website Goethe Institut. Pameran ini merupakan pameran pertama kali di Malang.

Wina menambahkan, sebelum di Malang, pameran serupa sudah digelar di Jakarta dan Bandung. Lalu, berikutnya setelah Malang, akan digelar di Surabaya. (*)

Sumber: