Magang di Malaysia, 14 Mahasiswa Psikologi Bantu Pekerja Migran di Sana

Magang di Malaysia, 14 Mahasiswa Psikologi Bantu Pekerja Migran di Sana

Mahasiswa Fapsi UMM Mendampingi Ibu-ibu PMI di Penang--

LOWOKWARU, DISWAYMALANG.COM- Empat belas mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memanfaatkan betul kesempatan magang di Malaysia untuk berbuat positif. Selain tugas rutin magang di Kantor Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Penang dan Johor Baru, selama satu bulan magang --dari pertengahan September-pertengahan Oktober 2024-- mereka menambah aktivitas positif lain. 

Yakni berinteraksi dengan para Pekerja Migran Indonesia (PMI) di dua kota Negeri Jiran itu. Sekaligus, memberikan pendampingan psikologis kepada PMI yang membutuhkan. 

Para mahasiswa itu juga turut serta dalam kegiatan-kegiatan sosial bersama para PMI Seperti pembuatan mozaik. Untuk ibu PMI selama periode magang, terdapat 15 ibu-ibu PMI yang mengikuti kegiatan mozaik.

"Itu pengalaman seru banget," kata Putri Dennindya Ifika D., salah satu peserta program magang internasional UMM itu. 

Dia memaparkan, tugas utama magang memang beraktivitas di Kantor Konjen. Mereka dilibatkan dalam aktivitas konsuler, seperti pelayanan kepada warga negara Indonesia di sana, kegiatan sosial budaya, serta acara-acara diplomatik.

Salah satu pengalaman yang paling berkesan menurut Putri adalah kesempatan untuk berinteraksi dengan para diplomat dan staf KJRI. Serta,  mengikuti resepsi diplomatik yang dihadiri oleh perwakilan dari berbagai negara.

"Pokoknya pengalaman seru banyak banget. Mulai dari pengalaman tinggal selama 26 hari di negara tetangga. Lalu, bisa mencoba melakukan pelayanan di konsuler, bisa melakukan kegiatan dengan ibu-ibu PMI dan bisa kenal dengan diplomat serta staf staf KJRI," papar Putri. 

Seleksi Ketat

Program Magang internasional mahasiswa UMM di KJRI Penang dan Johor ini dilakukan seleksi yang ketat.  Putri menjelaskan, seleksi juga dilakukan dengan wawancara.

"Jadi tahap awal mengumpulkan berkas dulu untuk diseleksi, lalu setelah itu seleksi wawancara," ungkapnya.


Tiga dari tujuh mahasiswa yang magang di Penang. Dari kiri (Aalimah Ankaa R, Silvyna Amalia Hidayati, Putri Dennindya Ifika D)--

Seleksi yang ketat itu dinilai Putri pantas karena setelah lolos seleksi para peserta program magang bisa mendapatkan pengalaman luar biasa. Itu sebabnya, dia berharap program magang internasiona ini beranjut. 

"Semoga, teman-teman lain bisa merasakan pengalaman-pengalaman yang sangat berharga dan tidak terlupakan seperti kami alami saat magang di KJRI Penang," kata Putri.

Siapa saja mahasiswa UMM yang telah merasakan pengalaman seru magang internasional itu? Berikut nama-nama mahasiswa Fakultas Psikologi yang magang di Penang:

Sumber: putri dennindya ifika d