Cosplay Competition Meriahkan Ragam Pesona UMKM Jawa Timur

Cosplay Competition Meriahkan Ragam Pesona UMKM Jawa Timur

--

BLIMBING,  DISWAY MALANG-- Ada yang heboh di Gedung MCC Kota Malang Sabtu, 7 September 2024. Tampak berbagai tokoh aminasi Jepang bersliweran di MCC. Mereka tampil bergaya, berjalan dengan percaya diri, termasuk melayani permintaan foto dari pengunjung MCC lainnya.

Mereka itu adalah para peserta Cosplay Competition yang diselenggarakan di arena Pameran UMKM 2024. Penampilan mereka mampu menyedot perhatian para cosplayer, penggemar anime, otaku dan pengunjung dengan penampilan yang kreatif dan punya ciri khas karakter. 

Lebih dari 25 peserta unjuk kebolehan dengan kostum dan penampilan yang memukau. Mereka tampil di panggung di Lantai 2 Gedung MCC, di sela-sela  booth UMKM peserta pameran.  Setiap peserta tampil, kehebohan pun terjadi, terutama dari penonton. 



Salah satu peserta, Ferdi, mengaku sangat antusias mengikuti kompetisi ini. "Kostumnya saya buat sendiri karena agak sulit mencari properti yang sesuai sama kostumnya," ujarnya.

Peserta lain yang datang dari luar kota, yaitu Nocu dari Pasuruan, juga senang bisa ikut kompetisi ini. "Selain sebagai ajang kompetisi, acara seperti ini juga menjadi ajang silaturahmi bagi para cosplayer," katanya. 


Menurut juri dari komunitas cosplay Malang Omoshiroi, penilaian pada kompetisi ini sangat memperhatikan detail. Para peserta dinilai berdasarkan beberapa aspek, di antaranya keaslian kostum, kemampuan memerankan karakter, penampilan panggung, makeup, dan ekspresi."Tidak hanya soal kostum yang mirip, tetapi juga kemampuan peserta dalam menghidupkan karakter yang mereka perankan," jelasnya.

 


Bagi para penggemar cosplay, kompetisi ini juga menjadi ajang untuk memperluas jaringan dan bertemu dengan cosplayer dari berbagai daerah. Selain itu, kompetisi cosplay juga dapat menjadi batu loncatan bagi para cosplayer untuk mengembangkan karir di dunia cosplay dan jalan mengambil peluang bisnis di jasa persewaan kostum, make up dan makanan.
Event cosplay gini selalu rame dimana saja. Kemarein saya datang  yang di Matos itu penuh satu lantai. Ini juga banyak yang datang penggemarnya dan mereka bagusnya selalu kompak gitu komunitasnya. Justru bagus sih jadi ada hiburan yang unik juga,” kata Ridwan,  salah satu pengunjung yang tengah menyaksikan acara tersebut. (*)

Sumber: