DBL Malang Hari Ketiga, Tim-Tim Favorit Berjaya, Tim Luar Malang Gemilang

DBL Malang Hari Ketiga, Tim-Tim Favorit Berjaya, Tim Luar Malang Gemilang

Pertandingan ketiga DBL Malang antara Smapa (SMA 1 Pasuruan) vs Bwks (SMAN 3 Malang) di GOR Bima Sakti--Instagram @dbl_Malang

SUKUN, DISWAY MALANG.COM– Kompetisi bola basket antarpelajar  Developmental Basketball League (DBL) Malang 2024 yang dilangsungkan di GOR Bima Sakti, Sukun, berjalan makin menarik. Masuk hari ketiga pada Jumat, 6 September 2024,  tim-tim dari sekolah menengah atas (SMA) favorit di Malang, seperti SMA Santa Maria dan SMAN 3 Malang tampi. Selain itu, juga bertanding tim-tim dari   dari luar Malang Raya seperti dari Pasuruan dan Blitar. 

Untuk tim-tim dari SMA favorit yang tampil pada hari ketiga itu, mereka mencatat hasil yang berkebalikan. Tim putra SMA Santa Maria Malang yang menghadapi tim SMAN 5 Malang, menelan kekalahan menyesakkan. Mereka hanya kalah satu bola, yaitu dengan skor 24-26 dari lawannya.  Sebaliknya,  tim putra SMAN 3 Malang sukses meraih kemenangan saat menghadapi tim luar Malang Raya, yaitu tim SMAN 4 Pasuruan, dengan skor menyakinkan. Yaitu, dengan selisih mencolok, 30 poin, yaitu 44-14. 

Sedangkan dari luar kota, tim dari Blitar yang kemarin tampil di dua pertandingan, putra dan putri, dua-duanya mencatat hasil gemilang: sama-sama menang dengan skor telak. Di bagian putri, tim SMAN 1 Blitar melibas lawannya, tim SMAN 1 Bululawang dengan keunggulan sangat jauh, 63-10. Tim putri SMAN 1 Blitar memang tergolong unggulan dalam kompetisi DLB, karena sering jadi langganan masuk final. 

Tidak mau kalah dengan kawan-kawannya, tim putri, tim putra SMAN 1 Blitar juga menang, bahkan dengan skor lebih luar biasa. Anak-anak dari kota Bung Karno ini mengalahkan tim SMAN 1 Frateran dengan skor 75-16, atau dengan selisih hampir 60 poin. Dengan demikian, dari hasil pertandingan malam itu, yang berhasil lolos  ke babak selanjutnya adalah dua tim dari Malang, yaitu tim putra SMAN 5 Malang dan tim putra SMAN 3 Malang. Dua lagi dari Kota Blitar, yaitu tim putri SMAN 1 Blitar, dan tim putra SMAN 1 Blitar. 

 Untuk lebih jelas, berikut  laporan jalannya pertandingan kompetisi bola basket DBL yang berlangsung hari Jumat, 6 September 2024.

SMAN 5 Malang vs SMA Santa Maria Malang

SMAN 5 Malang berhasil mengalahkan SMA Santa Maria Malang dengan skor tipis,  26-24. Pada babak pertama SMAN 5 Malang langsung unggul jauh  dengan skor 12-0. Tak ingin kalah, SMA Santa Maria mengejar poin di babak ketiga dengan mencetak delapan poin. Setelah itu, pertandingan berlangsung lebih ketat, dengan selisih poin tipis-tipis. Masuk babak akhir, meski tetap tertinggal, SMA Santa Maria terus memberi perlawanan. Namun, akhirnya, SMAN 5 Malang berhasil mempertahankan keunggulan, meski dengan selisih hanya satu bola. 

Keunggulan SMAN 5 itu disumbangkan oleh dua bintangnya. Yaitu, Aditya Rama Wijaya yang berhasil mencetak 8 poin. Lalu, Alwi Sheva Wijaya yang mencetak 6 poin dan 6 rebound. 

SMAN 4 Pasuruan vs SMAN 3 Malang

Pertandingan kedua malam itu, berlangsung tidak kalah menarik. Yakni, saat  tim putra SMAN 3 Malang menghadapi tim SMAN 4 Pasuruan. SMAN 3 Malang mendominasi jalannya pertandingan, dengan langsung memimpin pada kuarter pertama. 

Pada tiga babak berikutnya, SMAN 3 Malang selalu berhasil mempertahankan keunggulan. Meski, tim tamu dari Pasuruan itu terus dengan gigih memberikan perlawanan. Utamanya, dengan mengandalkan serangan balik yang cepat. Beberapa kali, tim SMAN 4 Pasuruan sukses meraih poin lewat skema serangan ini. 

Namun, para pemain tim SMAN 3 Malang yang tampil lebih solid dan dominan, terus mengungguli dengan mencatak angka demi angka secara lebih cepat dan banyak. Pada akhirnya, SMAN 3 Malang berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 44-14. 

SMAN 1 Bululawang vs SMAN 1 Blitar

Sumber: