Dapat Beasiswa ke Barcelona, Mahasiswa NTT Ini Kagumi Suasana Kuliah di Sana: Full Diskusi

Dapat Beasiswa ke Barcelona, Mahasiswa NTT Ini Kagumi Suasana Kuliah di Sana: Full Diskusi

--

LOWOKWARU, DISWAYMALANG.COM-Aloysius Gonzaga Alnabe mengaku sangat terkesan dengan suasana kuliah di   Universitat Pompeu Fabra (UPF), Barcelona, Spanyol. Mahasiswa Program Studi (Prodi) Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Muhammadiyah Malang (Fisip UMM) ini tertarik dengan model kuliah di sana,  yang menurut dia based on full discussion antara dosen dan mahasiswa.  

Mahasiswa asal Nusa Tenggara Timur (NTT) ini mengaku sangat sangat menikmati budaya belajar dan mengajar di salah satu universitas terbaik di Spanyol ini. "Kami (mahasiswa) tidak merasa terintimidasi serta diberi keluasan kebebasan untuk bertukar pikiran dan argument dengan para dosen," ungkapnya. 

Gonza --sapaan Aloysius Gonzaga Alnabe-- saat ini memang tengah mendapat kesempatan kuliah di UPF. Dia adalah salah satu dari 40 mahasiswa asal Indonesia yang mendapat beasiswa untuk kuliah di perguruan tinggi yang berdiri sejak 1990 itu, sebagai bagian program Indonesian International Student Award (IISMA) 2024. Dia berkesempaan untuk tiga bulan kuliah di sana, mulai September 2024.  

Selaian suasana kuliah yang full diskusi, dua hal lain yang menarik perhatian Gonza begitu tinggal di Barcelona adalah tata ruang dan banyaknya bangunan bersejarah di kota markas klub terkenal FC Barcelona itu. Tata ruang kota yang membuat Gonza kagum adalah infrastruktur kota yang  menurut dia  pedestrian friendly sehingga memudahkan pejalan kaki.


Aloysius Gonzaga Alnabe, di salah satu spot menarik di Barcelona--

Lalu, untuk bangunan bersejarah, Gonza mengaku takjub melihat banyak  bangunan bersejarah berusia ratusan tahun yang masih berdiri kokoh dan sangat indah. 

“Menurut saya, Spanyol terutama Barcelona adalah salah satu tempat di dunia ini yang nyaris sempurna. Monumen-monumen bersejarah berdiri sedemikian rupa dengan arsitektur yang indah, tata ruang kota yang terstruktur rapi didukung juga pedestrian-friendly," paparnya.

Gonza pun membagikan kesannya dan pengalaman menarik selama tinggal di kota yang ada di kawasan Catalonia itu. Terutama, saat mencoba kuliner dan budaya makan ala Catalonia, yakni tapas. Tapas, ungkap Gonza, adalah satu tradisi unik dan menarik khas Spanyol yaitu menyantap makanan porsi kecil sebagai hidangan pembuka.

Selain makanan, Gonza juga menjelajahi salah satu destinasi wisata yang menawarkan pemandangan deretan pegunungan cantik terkenal di Catalonia, barat laut Barcelona. Yaitu Montserrat. "Jadi itu destinasi wisata yang worthed banget untuk dikunjungi ketika teman-teman ke Barcelona,” sambungnya antusias.

Jangan Ragu, Jangan Takut

Tak hanya senang dapat menikmati keindahan kota Barcelona, Gonza juga bertekad untuk menyalurkan seluruh  ilmu dan wawasan baru yang dia dapatkan itu, untuk dipelajari dan diterapkan bersama di kampus, saat kembali nanti. Mahasiswa yang saat kuiah di UMM juga giat mengajar bahasa Inggris di beberapa tempat ini, mengaku juga ingin menyalurkan pengalaman itu di kampungnya. Gonza mengaku, kampus dan kampung adalah dua hal yang sering dia rindukan saat ini, di Barcelona. 

Lebih lanjut, Gonza berpesan kepada sesama anak muda untuk jangan ragu dan jangan takut memulai sesuatu yang disukai. Menurut dia, aktif dalam organisasi, kegiatan sosial, dan aktif mengikuti lomba-lomba menjadi nilai tambah yang cukup berpengaruh dalam perjalanan kehidupan.

Pada kesempatan ini, Gonza juga mengaku sangat berterimakasih kepada UMM yang senantiasa menjadi wadah dan memberikan dukungan kepada para mahasiswanya untuk memperoleh pendidikan setinggi-tingginya.

"Saya harap teman-teman mahasiswa UMM lainnya memanfaatkan segala fasilitas kampus. UMM sudah sangat luas mewadahi dengan beragam program beasiswa internasional, jangan ragu, ambil dan daftarkan dirimu. Apapun hasilnya, jadikan itu sebagai wadah untuk mengukur kemampuan diri,” tegasnya. (*)

Sumber: umm