Masuk Rekor MURI, UIN Malang Input 1031 Artikel dalam Sebulan!

Masuk Rekor MURI, UIN Malang Input 1031 Artikel dalam Sebulan!

Maliki Podcast--

KOTA , DISWAYMALANG.COM- UIN Maliki Malang berhasil mencetak rekor MURI dengan men-submit 1031 jurnal dalam waktu satu bulan. Yakni, dengan men-submit seribu lebih jurnal itu ke Maliki Interdisiplinary Journal (MIJ) atau jurnal lintas disiplin ilmu. 

Sukses mememecahkan rekor MURI itu disampaikan oleh Dr. M Yunus . M. Si.,  In Chief Editor MJI dan Dr. Segaf, SE, M. Sc, selaku Chief Managing Editor. Penyampaian dilakukan saat dua sosok itu jadi narasumber dalam  Maliki Podcast di akun youtube UIN Maliki Malang. Bertindak jadi host adalah Raihan. 

Menurur Dr M. Yunus, M.Si, Rekor MURI ini merupakan bukti bahwa UIN Maliki Malang memiliki potensi besar dalam menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas. Prestasi ini juga menunjukkan bahwa UIN Maliki Malang memiliki komitmen yang kuat untuk mengembangkan budaya penelitian di kalangan mahasiswa dan dosen.

Yunus juga menyebut MIJ berperan mendorong sivitas akademika UIN, baik dosen maupun mahasiswa untuk menulis jurnal. Sementara di sisi kain, MIJ terbuka   menerima artikel dari berbagai disiplin ilmu, termasuk ilmu sosial, ilmu alam, dan ilmu teknik.


Maliki Podcast-

 

"Perguruan tinggi itu punya sivitas akademika sebagai pelaku utama. Kalau mahasiswa produk nya ya tulisan karena belajar ya. sehingga alatnya ini harus diberi penguatan. Nah sivitas membantu menyediakan forum ilmiah untuk mahasiswa menuangkan gagasan yang menarik. Jadi, arahnya ke pengembangan atmosfer akademik melalui tulisan," paparnya.

Selain itu, Yunus menyebut faktor dukungan dari pimpinan universitas, serta ketersediaan  fasilitas penelitian yang memadai juga jadi faktor pendukung sukses ini. Pimpinan universitas, lanjut dia, berperan untuk  memberikan dukungan penuh kepada para mahasiswa dan dosen dalam mengembangkan budaya penelitian. Di sisi lain, UIN memiliki fasilitas penelitian yang memadai untuk mendukung kegiatan penelitian para mahasiswa dan dosen.

Terpisah, Dr. Segaf turut memberikan pandangannya tentang kontribusi MIJ dan penerapannya bagi mahasiswa.

"Kami meyakinkan kepada seluruh mahasiswa bahwa tagline kami adalah everyone can write. Yang penting mau. Tulisan di MIJ terindeks di google scholar, nah nanti menjadi kenang-kenangan seumur hidup." tuturnya. (*)

 

Sumber: uin maliki youtube