Kolaborasi Tolak Angin x Brodo x Tahilalats Rilis Sneaker, Seperti Apa dan Bagaimana?

Kolaborasi Tolak Angin x Brodo x Tahilalats Rilis Sneaker, Seperti Apa dan Bagaimana?

Sepatu Ace Nova The Only Yellow-Bli Bli-

MALANG, DISWAYMALANG.ID -- Ini satu lagi tentang sepatu dengan warna khusus yang layak dipertimbangkan dalam daftar belanja persiapan Lebaran. Khususnya bagi yang tidak takut untuk tampil anti mainstream alias nyeleneh.

Meski ini boleh dikata nyeleneh-nya cukup kuat. Bayangkan, brand jamu bisa jadi sepatu! Terdengar aneh, kan? 

Tapi itulah yang terjadi dengan kolaborasi Brodo ( brand sepatu lokal )x Tolak Angin x Tahilalats yang baru saja merilis produk sepatu dengan nama " Ace Nova The Only Yellow ". Sepatu yang sudah diperjualbelikan mulai dari Jumat  (21/3) inu langsung viral sejak diumumkan.. Dengan desain berwarna kuning khas produk jamu itu dan elemen branding yang kuat.

BACA JUGA:New Balance Kolab dengan Atmos Pink, Bawa Nuansa Pantai Pink Indonesia ke Sneaker Terbarunya

Tapi, apakah ini sekadar strategi viral yang cepat dilupakan? Atau ada formula pemasaran yang benar-benar cerdas di baliknya? Mari kita bedah dengan dalam!

1. Marketing Anti-Mainstream: Menjual Keanehan yang Menarik Perhatian

Dalam dunia pemasaran modern, konsep "nyeleneh" atau "anti-mainstream" bukan sekadar gimmick. Ini adalah strategi yang telah terbukti berhasil dalam menarik perhatian audiens.

Kolaborasi antara sepatu Brodo, jamu Tolak Angin, dan ilustrasi Tahilalats terdengar tidak masuk akal. Tapi justru karena itulah banyak orang penasaran. Dalam dunia digital, sesuatu yang aneh lebih mudah viral dibandingkan yang biasa-biasa saja.

Hal serupa juga pernah dilakukan oleh Crocs (brand sepatu sandal asal amerika serakat) yang bekerja sama dengan KFC untuk membuat sandal berbentuk ayam goreng, atau Balenciaga yang meluncurkan tas berbentuk kantong Lay’s yang dijual dengan harga fantastis $1800. Orang-orang mungkin awalnya tertawa, tetapi pada akhirnya produk ini mendapatkan eksposur yang sangat besar dan meningkatkan daya tarik merek yang terlibat.

2. Warna Kuning: Strategi Branding yang Tidak Perlu Banyak Penjelasan

Warna adalah salah satu elemen branding yang paling kuat. Coca-Cola dengan merahnya, Starbucks dengan hijau, dan McDonald's dengan kombinasi merah-kuning. Begitu juga dengan Tolak Angin yang sudah identik dengan warna kuning khasnya.

Ketika seseorang melihat sepatu ini, meskipun tanpa logo besar, mereka akan langsung mengingat Tolak Angin. Ini adalah bentuk strategi pemasaran yang memanfaatkan elemen visual sebagai identitas yang tak terbantahkan.

Kuning juga dikaitkan dengan energi, optimisme, dan daya tarik yang mencolok. Tidak heran jika warna ini dipilih sebagai elemen utama dalam produk ini!

3. Limited Edition: Menciptakan Urgensi Buatan Melalui FOMO

Sumber: instagram ussfeeds