Lima Terowongan KA Terpanjang di Indonesia, No. 2 di Karangkates, Malang

Lima Terowongan KA Terpanjang di Indonesia, No. 2 di Karangkates, Malang

Terowongan Karangkates 2, Malang--

MALANG, DISWAYMALANG.ID--Indonesia memiliki 16 terowongan kereta api bersejarah yang istimewa. Keistimewaannya, antara lain tergolong panjang dan menembus perut gunung maupun perbukitan.

Dari 16 terowongan yang dimiliki PT. Kereta Api Indonesia (KAI) itu, lima diantaranya tergolong terowongan panjang, dengan panjang lebih dari 600 meter. Dan, dari lima terowongan panjang itu, yang terpanjang nomor dua ada di wilayah Kabupaten Malang. Yakni, terowongan Karangkates 2 yang ada di Karangkates, Kecamatan Sumberpucung. Kabupaten Malang, dengan panjang 892 meter.

Berikut adalah lima terowongan terpanjang:

  1. Terowongan Sasaksaat (950 meter) di Daop 2 Bandung
  2. Terowongan Karangkates 2 (892 meter) di Daop 8 Surabaya
  3. Terowongan Lubuk Kalam (828 meter) di Divre II Sumatera Barat
  4. Terowongan Mrawan (690 meter) di Daop 9 Jember
  5. Terowongan Lampegan (680 meter) di Daop 2 Bandung.

Selain lima terowongan di atas, KAI juga memiliki sebelas  terowongan lainnya. Yaitu: 

  • Notog, Daop 5 Purwokerto
  • Kebasen 1, Daop 5 Purwokerto
  • Kebasen 2, Daop 5 Purwokerto
  • Ijo, Daop 5 Purwokerto
  • Kadipiro 1 Daop 6
  • Kadipiro 2 Daop 6 Yogyakarta
  • Karangkates 1 di Daop 8 Surabaya
  • Garahan di Daop 9 Jember
  • Gunung Gajah, Tebing Tinggi 
  • Pidada di Divre IV Tanjungkarang

Sudah Ganti Material

Menurut Vice President Public Relations KAI Anne Purba, selain menjaga infastruktur terowongan, KAI juga melakukan serangkaian penggantian material pada prasarana jalan rel sepanjang tahun 2024.

"Hingga akhir tahun, KAI melakukan penggantian rel baru sepanjang 495.562 meter, memasang 24.007 batang bantalan sintetis untuk memperkuat infrastruktur rel, serta menambah balas sebanyak 251.565 m kubik dan mengganti 210 unit wesel baru,” kata Anne Sabtu 18 Januari 2025.

Ia menambahkan, KAI terus meningkatkan kualitas layanan dan infrastruktur demi kenyamanan dan keselamatan para pelanggan. Langkah-langkah ini dilakukan sebagai upaya KAI menggerakkan transportasi berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. “Program perawatan dan peningkatan keandalan prasarana dilakukan dengan mematuhi standar keselamatan yang ketat dan prosedur operasi yang teruji. Langkah ini mendukung upaya KAI meningkatkan frekuensi perjalanan, percepatan kecepatan kereta api, serta on-time performance,” jelas Anne.

Tidak hanya dari prasarana, dari segi sarana KAI juga melakukan investasi strategis untuk menghadirkan layanan modern. KAI bekerja sama dengan PT INKA untuk pengadaan 612 kereta baru Stainless Steel New Generation (SSNG) yang dilakukan secara bertahap hingga tahun 2027.

Setiap unit kereta baru ini melalui serangkaian uji coba dan evaluasi menyeluruh sebelum melayani penumpang.“Uji coba ini merupakan langkah penting untuk memastikan bahwa seluruh sarana yang baru datang memenuhi standar keselamatan dan kenyamanan tinggi. Ini adalah bagian dari sejarah penting KAI dalam investasi terbesar untuk menggantikan sarana lama dengan yang baru,” tambah Anne.

KAI senantiasa berkomitmen menjaga dan meningkatkan keandalan prasarana serta sarana untuk menghadirkan layanan kereta api yang aman, nyaman, dan selamat bagi masyarakat. “Melalui program perawatan berkala dan penggantian material infrastruktur yang berstandar tinggi,” tandas Anne. (*)

Sumber: disway news network