MAN 2 Kota Malang Raih Medali Emas Terbanyak Olimpiade Sains Nasional

MAN 2 Kota Malang Raih Medali Emas Terbanyak Olimpiade Sains Nasional

MAN 2 Kota Malang sebagai Top 1 dalam ajang OSN tingkat SMA/MA/Sederajat-Kemenag -

KLOJEN, DISWAY MALANG.COM - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang benar-benar mboys looop alias keren sekali. Sekolah yang terletek di Jalan Bandung, Klojen, Kota Malang ini sukses menjadi juara umum pada ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMA/MA/sederajat tahun ini. Dalam ajang yang berlangsung akhir Agustus lalu itu,  MAN 2 Kota Malang mengumpulkan total sepuluh medali, dan menjadi pengumpul medali emas terbanyak.

OSN adalah ajang kompetisi bergengsi sains bagi pelajar SD, SMP, dan SMA di seluruh indonesia. kompetisi ini bertujuan untuk mengembangkan talenta dan karakter anak. OSN tahun ini diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) khusus di bidang riset dan inovasi dan berlangsung selama lima hari mulai, 27-31 Agustus 2024. Pada tanggal 31 Agustus, sekaligus hari terakhir, para pemenang OSN diumumkan. 

Dikutip dari situs Kemenag September 2024 ini, Kepala MAN 2 Kota Malang Samsudin, mengungkapkan rasa syukur dan bangganya atas pencapaian ini. “Alhamdulillah, pada OSN 2024, MAN 2 Kota Malang meraih 2 Medali Emas, 5 Medali Perak, 3 Medali Perunggu dan Satu Penghargaan Khusus Best Experiment Bidang Kimia. Capaian ini menempatkan madrasah kita pada posisi Top 1 di Indonesia," Ucap Samsudin.

Prestasi ini tidak lepas dari peran besar para guru pembimbing dan fasilitas pendidikan di MAN 2 Kota Malang. Di bawah binaan Kementerian Agama, kemenangan ini tentu saja tidak hanya membawa kebanggaan bagi Kemenag dan MAN 2 Kota Malang namun membawa kebanggaan bagi seluruh warga Kota Malang. 

Keberhasilan MAN 2 Kota Malang dalam meraih medali emas terbanyak di OSN ini bisa menjadi teladan sekaligus motivasi bagi pelajar-pelajar lain khususnya pelajar di Kota Malang. 

“Semoga prestasi ini akan terus dipertahankan dan ditingkatkan untuk generasi peserta didik berikutnya." jelas Samsudin

Berikut Top 10 Sekolah Peraih Medali Terbanyak di Tingkat Nasional Pada OSN 2024:

1. MAN 2 Kota Malang (Jawa Timur): 2 Emas, 5 Perak, dan 3 Perunggu (10 medali)

2. SMA Kristen 1 BPK Penabur (DKI Jakarta): 2 Emas, 4 Perak, 1 Perunggu (7 medali)

3. SMA Ignatius Global School Palembang (Sumatera Selatan) : 2 Emas, 3 Perak, 1 Perunggu (6 medali)

4. SMA Darma Yudha (Riau): 2 Emas, 2 Perak, 3 Perunggu (7 medali)

5. SMAN 1 Denpasar (Bali): 2 Emas, 2 Perak, 1 Perunggu (5 medali)

6. SMA Sutomo 1 (Sumatera Utara): 2 Emas, 2 Perak, 1 Perunggu (5 medali)

Sumber: