Kota Malang Kembali Raih Penghargaan dalam Pengembangan Digital

Kota Malang Kembali Raih Penghargaan dalam Pengembangan  Digital

Penyerahan penghargaan IMDI oleh Budi Arie Setiadi Kominfo kepada Muhammad Nur Widianto, Kepala Diskominfo Kota Malang--

JAKARTA, DISWAY MALANG.COM - Komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Malang dalam mengembangkan infrastruktur dan ekosistem digital terus berbuah hasil. Terbaru, Kota Malang meraih penghargaan masuk enam besar kota dengan  dengan Indeks Masyarakat digital Indonesia (IMDI) terbaik di Indonesia.  Penghargaan itu diserahkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia, Budi Arie Setiadi di Jakarta, Selasa, 9 September 2024, dan diterima Muhammad Nur Widianto, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Malang

Penghargaan terkait IMDI ini menambah pengakuan atas keberhasilan Pemkot dalam mengembangkan Smart City yang berbasis teknologi digital. Sebelum ini, pada tahun 2024  juga, Kota Malang meraih penghargaan Digital Goverment Award (DGA) 2024 dan masuk 10 Terbaik Pemerintah Kota dalam Penerapa Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Sebelumnya lagi,  yakni pada tahun 2022, Pemkot Malang meraih penghargaan Top Digital Award

Berbagai penghargaan di atas, merupakan wujud dari pengembangan konsep Smart City yang telah dirintis sejak tahun 2021. Kota Malang memang ditetapkan seabgai obyek pengembangan Smart City bersama 47 kota lain di Indonesia. Konsep Smart City itu dikembangkan antara lain dengan memperbanyak penyediaan infrakstruktur digital. Antara lain penyediaan layanan wifi yang sudah menjangkau tidak kurang dari 551 RW. Itu masih ditambah layanan wifi di kantor-kantor pemerintah maupun di fasilitas publik seperti taman-taman.

Ada tidak kurang 72 spot wifi di area publik. Antara lain, di taman Merjosari, Tugu, Alun-Alun Merdeka, Taman Slamet, Hutan Kota Malabar dan banyak lagi. Pemkot Malang juga menyediakan berbagai aplikasi dan program digital untuk menunjang aktivitas masyarakat dalam satu ekosistem digital. 

Berdasarkan penjelasan Menteri Kominfo, indeks MDI diukur dari empat indikator. Yaitu,  Infrastruktur dan Ekosistem, Keterampilan Digital, Pemberdayaan, serta Pekerjaan. Menurut Menteri Kominfo keberadaan infrastuktur dan ekosistem digital, merupakan salah satu indikator penting dalam menunjukkan indeks MDI.

Hasil pengukuran indeks MDI tahun 2024 ini mencapai skor  52,64. Skor tersebut masuk katagori "Sangat Tinggi. “Pengumpulan data IMDI dilakukan dengan menghimpun data-data dari kementerian/lembaga terkait dan melalui survei terhadap lebih dari 17.000 responden individu dan 10.000 responden industri yang tersebar di 514 Kabupaten/Kota di Indonesia,” jelas Menteri Kominfo. 

(Pj) Wali Kota Malang, Iwan Kurniawan, ST, MM menyambut baik pencapaian ini dan menyampaikan bahwa prestasi ini menjadi bukti nyata akan dedikasi Kota Malang dalam mewujudkan masyarakat digital yang inklusif dan berdaya saing.

“Kota Malang sangat luar biasa. Oleh karena itu, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pencapaian (prestasi) ini. Mari kita jadikan pula sebagai pemacu semangat untuk terus bekerja lebih baik lagi. Serta bijak dalam menggunakan berbagai platform digital,” pungkasnya. (*)

Sumber: pemkot malang