Google Doodle Hari ini, Peringati Fase Bulan dengan Game Interaktif

Kamis 24-10-2024,12:59 WIB
Reporter : Tazqia Aulia Zalzabillah
Editor : Agung Pamujo

KOTA MALANG, DISWAYMALANG.COM— Google edisi Kamis hari ini (24/10) hadir dengan tampilan halaman muka yang baru dan seru. Google menyuguhkan sajian visual yang interaktif dan mengajak pengguna untuk meyaksikan tranformasi bulan yang bermacam-macam. Mulai dari bulat, setengah lingkaran, sabit, cembung atau tidak terlihat sama sekali (bulan baru).

Selain itu, Google Doodle mengajak pengguna untuk memulai petualangannya dengan menekan tombol mulai atau play. Dengan tampilan interaktif, pengguna diajak untuk bermain permainan atau game mengurutkan fase bulan. Ini adalah salah satu cara seru untuk belajar tentang astronomi sambil bersenang-senang.

Dilansir dari laman resmi Google, permainan atau game bulan di Google Doodle hari ini hadir untuk merayakan fase Bulan Kuartal terakhir atau final Half Moon di bulan Oktober tepatnya pada hari ini, Kamis, Oktober 2024.

“Permainan kartu bulanan ini mengajak Anda bermain melawan bulan untuk menguji pengetahuan Anda tentang siklus bulan,” tulis Google dalam doodle interaktif tersebut.

Cara Memulai Permainan

Untuk memulai petualangan, pengguna harus dapat mengenal urutan fase-fase bulan. Bagi pengguna yang belum familiar, Google menyediakan tutorial singkat sebelum memulai permainan, sehingga siapa pun dapat ikut serta dalam keseruannya. Sebagai panduan, pengguna dapat melihat referensi fase-fase bulan Oktober yang tertera di bawah layar permainan.

Permainan dari Google Doodle bulan menyajikan tantangan seru dalam tiga level yang harus dimainkan secara berurutan. Pengguna diajak untuk bertarung melawan “bulan” dalam permainan tersebut. Semakin tinggi levelnya, maka semakin kompleks juga tantangan yang harus dihadapi pengguna.

Mekanisme dalam permainan ini terbilang sangat sederhana, namun menantang pemain. Caranya cukup mengurutkan atau memasangkan fase bulan dari tiga kartu acak yang telah diberikan. Setiap pengguna harus mengurutkan 8 fase bulan dari bulan baru sampai bulan sabit tua, atau memasangkan kartu bulan dari bulan baru hingga bulan purnama. Pengguna yang berhasil memasangkan dengan tepat akan diberi poin untuk dapat lanjut ke level selanjutnya.

Jika pengguna dapat melewati tantangan dilevel 1, maka pengguna dapat melanjutkan tantangan pada level 2, dan seterusnya. Namun, jika pengguna kalah di level 1 atau 2, maka pengguna akan mengulang petualangan dari level 1.

Mengenal Fase Bulan Separuh

Dilansir dari ditpsd.kemendikbud.go.id, gerhana bulan sebagian merupaan salah satu fenomena menarik dari fase bulan. Fenomena gerhana ini terjadi saat bumi tidak sepenuhnya menghalangi sinar matahari yang mencapai bulan, sehingga sebagian dari permukaan bulan masih memperoleh cahaya. Fenomena ini mirip dengan fase bulan separuh, di mana sebagian sisi bulan terlihat terang dan sebagian sisi lainnya terlihat gelap.

Dalam Google Doodle memberikan informasi yang menarik tentang bulan separuh atau “Kuartal Moon”. Fenomena ini terjadi hanya dua kali dalam kurun satu siklus bulan, yaitu ketika bulan menuju   fase purnama dan fase bulan baru. Dengan adanya Google Doodle ini, Google berharap masyarakat dapat meningkatkan pengetahuan mengenai siklus bulan.

Kategori :