Komitmen Aston Inn Batu Dukung Seniman Lokal Berlanjut, Kini Gandeng Bantengan

Jumat 18-10-2024,13:59 WIB
Reporter : Belqis
Editor : Agung Pamujo

BATU , DISWAYMALANG.COM- Aston Inn Hotel Batu terus mewujudkan komitmen mendukung seniman dan UMKM lokal. Yang terbaru, hotel bintang empat ini berkolaborasi dengan para seniman asal Desa Temas, untuk menampilkan seni Bantengan. 

Menurut General Manager Aston Inn Batu Didik Rocki W., pihaknya akan menampilkan pertunjukan seni Bantengan dalam pertemuan-pertemuan dan acara lain yang diadakan di Aston Inn Batu. Selain itu, Aston Inn juga akan mengadakan acara untuk menampilkan seni khas kawasan Malang Raya itu. 

"Ini merupakan bentuk kepedulian kami terhadap pelestarian budaya lokal serta upaya untuk mengangkat keunikan seni tradisional Bantengan," ujar Didik Rocki W.

Dia berharap, melalui kolaborasi ini, seni Bantengan akan lebih dikenal lebih luas lagi. "Wisatawan yang berkunjung ke Batu dapat merasakan dan mengenal lebih dalam kekayaan budaya ini," tambahnya. 

Kolaborasi dengan seni Bantengan dari Desa Temas ini adalah lanjutan dari komitmen Aston Inn Hotel Batu dalam mendukung seniman dan UMKM.lokal. Sebelum ini, hotel yang terletak di Jalan Abdul Gani, Kota Batu ini ikut menjualkan jeruk hasil petani Batu. Serta, mengundang pelukis Batu Abdul Rokhim untuk berkarya di Aston Inn, sekaligus menjual karyanya di sana. 

BACA JUGA:Dukung Petani Lokal, Aston Inn Batu Promosikan Jeruk Lokal Batu

BACA JUGA:Mengenal Seniman Lokal Batu, Abdul Rokhim

Pelatihan Seniman

Selain menampilkan seni Bantengan di hotel, pihak Aston Inn Hotel  juga akan  mendukung penyelenggaraan kegiatan pelatihan bagi para seniman lokal. Khususnya seniman Bantengan, agar bisa terus mengembangkan keterampilan mereka dalam seni pertunjukan Bantengan.

Pihak Aston Inn Hotel Batu berharap kolaborasi ini  bisa meningkatkan kesadaran masyarakat dan wisatawan terhadap kekayaan budaya lokal. Serta,  mendorong pelestarian tradisi yang telah diwariskan secara turun-temurun.

Seni Bantengan sendiri,  adalah salah satu kesenian tradisional yang memiliki nilai budaya dan sejarah yang tinggi, terutama di wilayah Batu dan sekitarnya. Itu pula yang menjadi pertimbangan  Aston Inn Batu untuk memberikan platform yang lebih luas bagi kesenian Bantengan agar semakin dikenal.

Diharapkan, seni Bantengan tidak hanya oleh masyarakat setempat, tetapi juga oleh wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke Kota Batu. Dengan ditampilkan di Aston Inn, seni Bantengan setidaknya akan dikenal oleh tamu Aston Inn Hotel Batu. 

Aston Inn Hotel Batu sendiri, saat ini sudah menjadi salah satu pilihan utama bagi yang perlu menginap di Kota Batu. Terletak di kawasan wisata Batu, Aston Inn Batu dekat dengan tempat-tempat populer seperti Museum Angkut dan Jatim Park 1.

Lokasinya dikelilingi oleh beberapa gunung. Sehingga, hotel ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu bersantai dengan udara gunung yang sejuk. (*)

Kategori :