Berkat Tahes Komes, Pemkab Malang Raih Award Ketahanan Pangan

Kamis 17-10-2024,09:01 WIB
Editor : Agung Pamujo

SURABAYA, DISWAYMALANG.COM--  Berkat Malang Tahes Komes, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang meraih peghargaan atau award dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Pemkab Malang meraih Award Peduli Ketahanan Pangan Tahun 2024 Kategori Bidang Ketersedian Pangan

Penghargaan diserahkan oleh Pj. Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono dan diterima oleh  Plt. Bupati Malang, Drs. H. Didik Gatot Subroto, SH.MH. Penyerahan penghargaan dilakukan dalam  Peringatan Hari Pangan Sedunia ke 44 Tahun 2024 Tingkat Jawa Timur yang digelar di JX International Covention Exhibition (Jatim Expo) Surabaya, Rabu (16/10).

Yang membanggakan,  Hasan Basori, Kepala Desa Bululawang, Kecamatan Bululawang juga meraih penghargaan. Yakni,  sebagai Peraih Awards Peduli Ketahanan Pangan Tahun 2024 Kategori Bidang Pangan.

Sebelumnya, diberitakan Kabupaten Malang dan Kota Malang menjadi nominasi penerima penghargaan Lomba Pangan dalam rangka Hari Pangan Sedunia. Namun, ternyata yang menang adalah Kabupaten Malang. 

Tahes Komes

Prestasi Pemkab Malang ini merupakan buah keberhasilan mewujudkan strategi kinerja dari inovasi melalui prohram MALANG TAHES KOMES (Ketahanan Pangan, Bebas Stunting, Ekonomi Produktif Berkelanjutan dan Masyarakat Sehat). 

Menurut Plt. Bupati, prestasi ini sesuai dengan harapan dan keinginan Presiden Terpilih bahwa Kabupaten Malang disiapkan untuk mensupport kaitannya persiapan program Makan Siang Gratis. Ini menunjukkan, Kabupaten Malang sudah mempersiapkan diri terhadap pemenuhan kebutuhan pangan. "Terbukti hari ini Pemerintah Kabupaten Malang mendapatkan penghargaan yang tentunya menjadi sesuatu yang menggembirakan dari hasil seluruh produksi yang kita miliki, baik sisi perikanan, pertanian, perkebunan dan kehutanan yang didukung dari inovasi MALANG TAHES KOMES," jelas Plt. Bupati Malang kepada Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Malang usai menerima penghargaan.

Mengenai program MALANG TAHES KOMES, menurut Plt Bupati merupakan strategi untuk merangsang partisipasi masyarakat ikut membangun ketahanan pangan berbasis keluarga dan komunal. Serta, dipadukan dengan kebijakan pemerintah, yakni program Peduli Ketahanan Pangan.

Pada Peringatan Hari Pangan Sedunia ke 44 Tahun 2024 yang mengusung tema _''Right to Foods for a Better Life and a Better Future Leave No One Behind''_, juga diberikan penghargaan kepada beberapa kabupaten di Jawa Timur. Selain  kepada Plt. Bupati Malang, juga kepada Pj. Bupati Tulungagung, Pj. Bupati Pasuruan, Pj. Bupati Probolinggo dan Pj. Walikota Kediri. (*)

 

Kategori :