Tips Hidup Hemat ala Mahasiswa, Ada yang Rajin Susun Anggaran, Ada yang Puasa Senin Kamis

Senin 14-10-2024,20:32 WIB
Editor : Agung Pamujo

JAKARTA, DISWAYMALANG.COM-- Mayoritas mahasiswa harus dihadapkan sama piihan ini: hidup hemat. Ini karena, mayoritas mahasiswa itu belum punya pemasukan sendiri, dan membayar kebutuhan hidup sehari-hari dengan mengandalkan kiriman dari orang tua atau keluarga lainnya.

Lebih-lebih untuk mahasiswa yang hidup di perantauan sebagai anak kos. Hidup hemat pun bukan lagi jadi kebutuhan, tapi keharusan.

Yang menarik, ada satu lembaga keuangan, Flip, yang membuat lomba tips hidup hemat ala mahasiswa. Lebih menarik lagi, mereka yang dinilai memiliki tips hidup hemat paling oke, akan menerima  beasiswa Yakni, beasiswa ScholarFlip, yang baru saja diumumkan daftar nama penerimanya.

Berdasarkan keterangan dari Flip ada enam ribu pendaftaran lomba yang merupakan bagian dari program Bangga Jadi Hemat tersebut. Dari enam ribu itu, lembaga fintech tersebut menetapkan sepuluh pemenang yang memiliki tips hidup hemat paling oke. Para pemenang itu masing-masing mendapat  beasiswa sebesar Rp24 juta per tahun. 

Presiden Direktur Flip Rafi Putra Arriyan mengaku senang denga banyaknya peserta yang mendaftar. Sekaligus, membagikan tips dan siasat masing-masing bagaimana cara mengelola keuanga dengan bijak. " Antusiasme dan siasat hemat membuktikan generasi muda Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi generasi yang cerdas finansial," katanya

Dia pun berharap hal tersebut dapat menginspirasi lebih banyak anak muda untuk bangga menerapkan prinsip berhemat. "Sekaligus membuktikan bahwa kesuksesan finansial dan akademik dapat diraih bersamaan," tutur Rafi.

Sepuluh Tips Terbaik Itu 

Lalu bagaimana tips hidup hemat ala mahasiswa dari sepuluh pemenang itu? Inilah rinciannya:  

Tobias Juan Pieter Sihombing

"Menjadi  content creator  sambil kuliah dan menyusun anggaran bulanan yang ketat. Dengan begitu  tidak hanya dapat menghemat, tetapi juga menjadi produktif dan kreatif dalam mencari penghasilan tambahan tanpa mengabaikan pendidikan." 

Rizqi Febiana

"Membuat anggaran bulanan secara mendetail, mencatat setiap transaksi, dan menggunakan Flip untuk menghemat biaya transfer antarbank. Jangan lupa,  disiplin dan perencanaan yang baik adalah kunci mengelola keuangan."

Layra Narda Anargya 

"Masak sendiri, membawa bekal minum, berjalan kaki ke kampus, dan memanfaatkan Flip untuk transaksi bebas biaya admin.  Motto saya adalah kebiasaan kecil dapat membuat perbedaan besar dalam menghemat pengeluaran."

Laura Anastasia Putri Nasution

"M embawa bekal, memanfaatkan fasilitas kampus, dan berjalan kaki untuk menghemat biaya transportasi." 

Mukhammad Faiz Adibillah

"Memasak sendiri, berpuasa Senin-Kamis, memanfaatkan promo, dan disiplin dalam mengatur keuangan. K onsistensi dan kreativitas dalam berhemat dapat membawa dampak positif."

Indah Nursafitri Usman 

"Meneruskan kebiasaan menabung sejak kecil, memanfaatkan dompet digital, dan mengurangi transaksi tunai untuk menghindari kehilangan uang receh."

Eka Satria Akbar F.H.

"Membagi uang bulanan untuk kebutuhan, hiburan, investasi, mengumpulkan uang koin, serta memasak sendiri di akhir pekan." 

Sirhan Muhammad Dehya Alqolbi

" Aktif berorganisasi, menjadi freelance MC, Voice Over, dan juri debat, serta memanfaatkan kesempatan magang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. "

Aiman Bindilah

"Memisahkan rekening uang jajan dan tabungan, serta memanfaatkan Flip untuk  transfer antar bank gratis." (*)

Kategori :