Sukses Manfaatkan Potensi Wisatanya, Desa Tulungrejo, Kota Batu Juara Nasional

Rabu 09-10-2024,15:01 WIB
Editor : Agung Pamujo

DENPASAR, DISWAYMALANG.COM— Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu dinobatkan sebagai desa terbaik nasional untuk regional II. Penobatan dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian Temu Karya Nasional Penganugerahan Desa dan Kelurahan Berprestasi yang berlangsung di Gedung Ksirarnawa Art Center, Denpasar, Selasa (8/10).

Kepala Desa Tulungrejo Suliono menerima langsung penghargaan berupa piala itu. Ikut mendampingi Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai. Pada kesempatan itu, Pj Wali Kota Batu juga menerima penghargaan Upakarya Wanua Nugraha sebagai kepala daerah pembina desa terbaik 1 nasional tahun 2024, dari Mendagri.

Mengenani alasan terpilihnya Desa Tulungrejo jadi juara, berdasarkan kriteria Lomba Desa Berprestasi Nasional  bisa diduga antara lain karena sukses Kepala Desa Tulungrejo bersama perangkat desa lain, memafaatkan potensi wisata desanya. Ini karena  penilaian lomba desa itu fokus kepada inovasi dalam pemanfaatan potensi desa, pengelolaan aset desa dan transparasi keuangan desa. 

Di Desa Tulungrejo yang  juga masuk jajaran desa wisata nasional itu.   , ada wisata alam yang terkenal Air Terjun Coban Talun, lalu kebun apel yang juga bisa buat wisata petik apel serta peternakan sapi perah. Selain itu, Tulungrejo juga merupakan lokasi tempat wisata buatan ternama, Selecta.

Berdasarkan data dari Biro Pusat Statistik (BPS), meski bukan yang terbanyak, kunjungan wisatawan ke Coban Talun juga masuk tiga besar, di antara tempat wisata alam di Kota Batu. Tercatat 52 ribu wisatawan berkunjung ke Coban Talun, beda dengan tipis dengan kunjungan ke tempat wisata Gunung Banyak yang menapai 54 ribu. Namun, kalah jauh dari kunjungan ke pemandian air panas Cangar, yang mencapai 110 ribu wisawatan lebih.

Meski begitu, kunjungan ke Coban Talun lebih tinggi dari data kunjungan ke lokasi wisata alam lain seperti Coban Putri, Coban Rais, dan beberapa wana wisata da desa wisata.

Inovasi Tidak Kalah
Pj Wali Kota Batu yang hadir saat penyerahan penghargaan itu, berharap penghargaan ini menjadi jembatan agar desa di Kota Batu untuk lebih dikenal dikancah nasional. Hal ini mengingat, potensi dan inovasi yang dimiliki desa di Kota Batu sangat menarik dan tidak kalah dari tempat lain di Nusantara. "Penghargaan ini membuktikan bahwa desa di Kota Batu memiliki potensi dan inovasi yang tidak kalah dari desa lainnya. Dan dengan capaian ini menjadi jembatan agar desa di Kota Batu, khususnya Desa Tulungrejo semakin dikenal secara nasional," ungkapnya. Selain itu, lanjutnya, yang lebih penting dari penghargaan ini adalah Desa Tulungrejo akan menjadi inspirasi desa lainnya agar terus menggali potensi dan berinovasi untuk kesejahteraan masyarakatnya. "Jauh lebih penting, bahwa penghargaan ini merupakan hasil kerja keras semua, termasuk Kepala Desa dan Lembaga Desa, yang telah menggali potensi dan berinovasi untuk mensejahterakan masyarakatnya. Dan semoga ini menjadi inspirasi desa lainnya," terangnya. Pj Aries hadir dan didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Batu, Susetya Herawan, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk, Ririk Mashuri, Kepala Dinas Kesehatan, Aditya Prasaja, dan Camat Bumiaji, Thomas Maydo. (*)

Kategori :