Google Doodle Tampilkan Ilustrasi Sosok A.T. Mahmud. Siapakah Dia?

Kamis 03-10-2024,14:07 WIB
Editor : Agung Pamujo

JAKARTA, DISWAYMALANG.COM-- Ada yang menarik dari tampilan   Google Doodle  pada Kami (3/10) hari ini. Yakni, ada tampilan ilustrasi dari sosok khas pria Indonesia. Sosok itu adalah Abdullah Totong Mahmud atau dikenal A. T. Mahmud..

Google Doodle  menampilkan sosok A.T. Mahmud, karena 3 Oktober ini adalah ulang tahun A.T. Mahmud. Jika masih hidup, pada 3 Oktober 2024 ini, A.T. Mahmud akan  berusia 94 tahun.

Siapakah A. T. Mahmud hingga Google Doodle sampai menampilkan sosoknya bertepatan dengan hari ulang tahunnya? Bagi generasi lawas, mungkin banyak yang masih ingat. Namun, bagi Gen Z maupun kaum milenial, perlu dikenalkan A.T. Mahmud  merupakan sosok legendaris di balik pencipta ratusan lagu untuk anak-anak yang abadi di Indonesia..

Banyak lagu anak-anak  populer diciptakan A. T. Mahmud. Di antaranya Ambilkan Bulan, Pelangi, Amelia, Tidurlah Sayang, hingga Lagu Tor-Tor.

Untuk meperingati ulang tahun sosok legendaris itulah,  Google membuat ilustrasi sosoknya dengan gaya khas menggunakan kacamata dan kumis. Selain itu, di sekelilingnya juga dilengkapi ilustrasi anak-anak yang bernyanyi serta berbagai alat musik

A. T. Mahmud lahir di Palembang, Sumatra Selatan pada 3 Februari 1930. Dia merupakan anak kelima dari sepuluh bersaudara.

Semasa hidupnya, A. T. Mahmud akrab dipanggil dengan sebutan 'Dola' dan telah menghasilkan banyak karya lagu untuk anak-anak.

Tak hanya menulis lagu, dia juga mengomunikasikan karyanya  secara langsung pada anak-anak lewat sejumlah program TV. Adapun program TV yang sempat diisi olehnya yakni 'Ayo Menyanyi' dan Lagu Pilihanku'. Dua program TV tersebut sangat populer dan digemari anak-anak di era 1970-an.

Karena Rock'n Roll

Bicara soal pendidikan, ternyata tokoh legendaris pencipta lagu anak ini tidak mempunyai latar belakang pendidikan musik. Namun sejak masih sekolah,  A. T. Mahmud memang gemar membuat lagu untuk anak-anak.

Kemudian dia mulai aktif menulis lagu saat dirinya menjadi seorang guru dan mengajar di sekolah guru taman kanak-kanak era 1950-an. Saat itu, muridnya sulit untuk menemukan lagu anak-anak karena genre rock n roll sedang populer pada masanya.

Hal ini lantas membuat A. T. Mahmud melahirkan karya musik untuk anak-anak dan diajarkannya pada murid-muridnya.

Ternyata, karya yang dihasilkan banyak disukai anak-anak sehingga dirinya semakin giat untuk mengarang lagu.

Selama kurun waktu delapan tahun, mulai 1946-1971, dia sudah menghasilkan sekitar 80 judul lagu anak-anak.

Kategori :