Jempol! Bagi yang Lebih Suka Teh Hitam Malang, karena Memang Banyak Manfaatnya

Senin 23-09-2024,07:03 WIB
Reporter : Aqilah
Editor : Agung Pamujo

KOTA MALANG, DISWAY MALANG.COM-- Ada satu perkebunan teh besar di Malang, yang bisa jadi banyak yang sudah tahu. Yaitu, Kebun Teh Wonosari yang secara geografis masuk wilayah Kecamatan Singosari, namun juga dekat dengan Lawang, Kabupaten Malang. 

Kebun Teh Wonosari dikenal sebagai kebun teh pertama di Jawa Timur yang dijadikan sebagai tempat wisata. Di samping itu, juga dikenal dengan salah satu hasil produksiya, yaitu teh hitam.  

Meski tak banyak digemari, namun teh hitam memiliki khasiat yang baik untuk tubuh. Apa saja manfaat itu? Berikut adalah beberapa manfaat teh untuk kesehatan. 

1. Menghilangkan radikal bebas 

Teh hitam mengandung antioksidan yang tinggi. Zat yang terkandung dalam teh yaitu polifenol. Polifenol adalah jenis antioksidan yang dapat ditemukan di makanan dan minuman tertentu. Dengan mengkonsumsi bahan yang mengandung antioksidan tinggi dapat menghilangkan radikal bebas dan mengurangi kerusakan sel pada tubuh. 

2. Meningkatkan kesehatan jantung 

Selain mengandung polifenol, teh juga mengandung flavonoid. Flavonoid sendiri juga merupakan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung. Tak hanya untuk meningkatkan kesehatan jantung namun juga dapat mengurangi banyak risiko penyakit organ tersebut. 

3. Meningkatkan kesehatan usus

Polifenol yang terkandung dalam teh juga bisa berfungsi untuk mendorong pertumbuhan bakteri baik dan menghambat pertumbuhan bakteri jahat yang ada di usus. Selain itu teh juga mengandung sifat antimikroba yang dapat membunuh zat berbahaya dan meningkatkan kekebalan tubuh dengan membantu memperbaiki lapisan saluran pencernaan. 

4. Menurunkan risiko kanker 

Kandungan polifenol dalam teh diyakini dapat membantu memperlambat perkembangan jenis kanker tertentu. Meski dapat menurunkan risiko kanker, namun untuk mencegah kanker perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. 

5. Menambah energi 

Selain kopi yang dapat menambah energi karena mengandung kafein, teh hitam juga memiliki kandungan kafein. Teh hitam memiliki kandungan kafein dan asam L-theanin yang bermanfaat untuk meningkatkan aktivitas otak, memberikan relaksasi , serta fokus lebih baik pada tubuh. 

6. Menjaga keseimbangan tekanan darah

Dalam teh hitam mengandung mineral yang tinggi yaitu kalium. Kalium memiliki manfaat untuk menjaga keseimbangan tekanan darah. Serta dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Kalium juga dapat membantu menjaga kekuatan otot dan tulang. 

Kategori :