Lanjutan DBL 2024 Malang, MAN 2 dan Dua TIm Blitar Lengkapi Tim Lolos Playoffs

Kamis 19-09-2024,05:27 WIB
Reporter : Ludea
Editor : Agung Pamujo

SUKUN, MALANG DISWAY.COM - Hari kelima belas kompetisi bola basket Development Basketball League (DBL) Seri Jawa Timur Wilayah Selatan ditandai dengan kepastian tiga tim terakhir yang lolos ke babak playoffs. Tiga tim itu, satu asal Malang, yaitu tim putra MAN 2 Malang yang menjadi tim ke-16 atau tim putra terakhir yang lolos ke babak playoffs. Serta dua tim putri asal Blitar, yaitu tim SMAN 1 dan SMAN 3 Blitar, yang masing-masing menjadi tim putri ke-7 dan ke-8 yang lolos ke babak playoffs.  

Babak playoffs DBL 2024 Seri Jatim Wilayah Selatan ini masing-masing akan diikuti oleh 16 tim putra, dan 8 tim putri. Pertandingan babak ini akan berlangsung dengan sistem do or die. Artinya, yang menang berhak maju ke babak selanjutnya, dan yang kalah akan langsung tersingkir. Seluruh pertandingan babak playoffs tetap akan dilangsungkan di GOR Bima Sakti, Sukun, Kota Malang,  mulai Jumat, 20 September 2024.

BACA JUGA:Kejutan Tim Debutan, SMAN 1 Gondanglegi Lolos Babak Playoffs DBL Malang

Berikut laporan jalannya masing-masing dari empat pertandingan hari terakhir penyisihan grup DBL 2024 di Malang, Rabu, 18 September 2024. 

SMAN 3 Pasuruan vs MAN 2 Kota Malang

Peluang yang terbuka untuk menjadi juara grup sekaligus lolos ke babak playoffs, menjadi motivasi bagi tim putra MAN 2 Kota Malang untuk memenangkan pertandingan, saat menghadapi tim SMAN 3 Pasuruan. Mereka tampil dengan penuh penuh percaya diri. Hasilnya, anak-anak Magma --begitu julukan tim basket MAN 2 Kota Malang--menang dengan skor telak 46-9.

Pertandingan seolah akan berlangsung imbang. Ini karena pada kuarter awal, raihan skor kedua tim selisih tipis, Magma 7; tim SMAN 3 Pasuruan 4 poin. Namun, motivasi dipadu dengan rasa percaya diri tinggi, membuat Magma berhasil mendominasi pada tiga kuarter berikutnya, dan akhirnya menutup pertandingan dengan selisih skor yang jauh, beda 37 poin. 

SMAN 1 Blitar vs SMAN 4 Malang

Pada pertandingan kedua, tim unggulan di sektor putri, yakni tim SMAN 1 Blitar (Smasa), membuktikan bahwa mereka tetap layak masuk favorit juara sektor putri DBL 2024 di Malang. Smasa kembali unjuk kekuatan yang dominan, dengan mencatat kemenangan telak, kali ini saat berhadapan dengan tim putri SMAN 4 Malang (Stetsa). Yakni, dengan skor 51-2. 

Kekuatan cewek-cewek asal Kota Bung Karno ini terlihat sejak awal pertandingan. Pada kuarter pertama, mereka mencatatkan 13 poin, tanpa memberi kesempatan lawan mencetak satu poin pun, yang menjadikan skor pada kuarter pertama 13-0. Hal itu berlanjut pada kuarter kedua, Smasa kembali membuat Stetsa  tetap tak bisa mencetak poin, sementara mereka mencetak 15 poin. Baru pada dua kuarter terakhir, anak-anak Stetsa berhasil mencetak poin, itu pun masing-masing hanya 1 poin per kuarter. Sebaliknya, Smasa menambah 23  poin pada dua kuarter akhir itu, untuk menutup skor akhir menjadi 51-2. 

SMAN 4 Malang vs SMAN 10 Malang

Pada pertandingan berikut, tim Stetsa kembali tampil, namun kali ini di sektor putra. Mereka menghadapi sesama tim asal Kota Malang, yaitu tim SMAN 10 Malang (Smandasa). Meski kedua tim ini sama-sama sudah tidak berpeluang lolos, namun duel tetap berlangsung sengit. Kedua tim saling kejar mengejar dalam meraih poin, dengan hasil akhir selisih poin tidak terlalu jauh, 25-20 untuk kemenangan tim Stetsa. 

Catatan dari duel Stetsa vs Smandasa ini, kedua tim sama-sama mampu memanfaatkan kesempatan free throw atau lemparan bebas, menjadi poin. Anak-anak Stetsa   mencetak 7 poin dari 18 tembakan bebas, dengan tingkat akurasi sebesar 38.9 persen. Tim Smandasa mencatat persentase sukses free throw lebih tinggi lagi, yakni 46,2 persen, dengan meraih  6 poi dari 13 tembakan bebas.

SMAN 10 Malang vs SMAN 3 Blitar 

Kategori :