Kejutan Tim Debutan, SMAN 1 Gondanglegi Lolos Babak Playoffs DBL Malang

Rabu 18-09-2024,05:18 WIB
Reporter : Ludea
Editor : Agung Pamujo

SUKUN, MALANG DISWAY.COM - Tim putri  SMAN 1 Gondanglegi mencatat sejarah: jadi satu-satunya tim yang baru kali pertama tampil alias tim debutan  yang berhasil lolos babak playoffs kompetisi bola basket Development Basketball League (DBL) 2024 Seri Jawa Timur Wilayah Selatan. Ini setelah, tim berjuluk Smanggi itu mengalahkan SMAN 8 (Smarihasta) Malang dengan skor 26-20 dalam pertandingan lanjutan DBL Seri Jatim Wilayah Selatan, di GOR Bima Sakti, Sukun, Kota Malang, Selasa, 17 September 2024. 

Selain kejutan tim Smanggi, dua tim lain juga memastikan lolos ke babak playoffs. Yaitu, tim putra Smarihasta dan tim putra SMAN 1 Bululawang. 

Keseluruhan ada empat pertandingan dalam.lanjutan DB di Malang pada Selasa, 17 September 2024 yang masuk hari ke-14 itu. Berikut laporan jalannya masing-masing dari empat pertandingan tersebut.

SMAN 8 Malang vs SMAN 1 Gondanglegi 

Turun di pertandingan pertama hari itu, cewek-cewek Smanggi tampil dengan semangat tinggi mengejar tiga hal. Yaitu, menang, jadi juara grup dan mencatat sejarah jadi tim debutan yang lolos ke babak playoffs. Dan, Tidak heran, begitu  tip off tanda pertandingan dimulai,  tim dari kecamatan yang dekat dengan kawasan pantai selatan itu langsung tampil mendominasi, dan memenangkan kuarter pertama dengan skor 9-3.

Pada kuarter kedua, anak-anak Smarihasta yang memperkuat defens, sempat membuat Smanggi yang dimotori Cynnara Ardelia (guard) dan Cahya Bintang (forward) hanya mampu mencatat dua poin. Namun, pada dua kuarter terakhir, Cynnara dan kawan-kawan kembali tampil dominan, dan membawa tim Smanggi akhirnya menang dengan skor 26-20. 

SMAN 8 Malang vs SMAN 2 Malang 

Pada pertandingan kedua, tim Smarihasta kembali turun, namun kali ini tim putranya. Tidak mau mengikuti jejak tim putri, cowok-cowok Smarihasta tampil agresif, dan hasilnya sukses mengalahkan lawannya tim SMAN 2 Malang dengan skor akhir 55-26. Dengan kemenangan ini, cowok-cowok Smarihasta menjadi juara grup B dan akan berhadapan dengan SMAN 3 Malang pada pertandingan playoffs mendatang. 

Sukses tim Smarihasta itu ditunjang oleh bintang mereka, Panji Sauma yang mampu menjadi ikon agresifitas timnya, dengan mencetak poin tinggi, 25 poin. Sekaligus, Panji menjadi top scorer pertandingan sora itu.

SMK Telkom Malang vs SMAN 1 Bululawang 

Menyadari masih memiliki peluang lolos ke babak playoffs jika menang, tim putra SMAN 1 Bululawang tidak menyia-nyiakan hal itu. Mereka tampil dengan determinasi tinggi untuk mengalahkan lawannya, tim SMAK Telkom dengan skor 37-18, dan akhirnya berhasil memanfaatkan peluang lolos ke babak playoffs.

Pertandingan sempat berjalan ketat pada kuarter pertama, dengan SMAN 1 Bululawang hanya mencetak 6 poin dan 4 poin untuk SMK Telkom. Namun, SMAN 1 Bululawang mulai mendominasi di kuarter kedua dan seterusnya, antara lain berkat raihan persentase tinggi dalam memanfaatkan free trow (61,5 persen), serta poin dari turnover yang hingga 19 poin.  

Kemenangan itu menjadikan tim SMAN 1 Bululawang ikut masuk kelompok tim yang bahagia karena masuk babak playoffs

BACA JUGA:Lanjutan DBL Malang, Hari Bahagia Buat SMA Charis, Putra-Putri Lolos Playoffs

Kategori :