1 tahun disway

Gaungkan Porprov IX, Maskot SIMA dan Kakang Mbakyu Malang Mejeng di Ekspo Kota Indonesia

Gaungkan Porprov IX, Maskot SIMA dan Kakang Mbakyu Malang Mejeng di Ekspo Kota Indonesia

Walikota Malang Gaungkan Maskot SIMA--

SURABAYA, DISWAYMALANG.ID –Tekad  Pemerintah Kota Malang untuk mensukseskan gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) IX Jawa Timur 2025 diwujudkan dengan strategi promosi yang masif. Maskot Porprov IX Kota Malang, Sima pun dihadirkan di ajang Indonesia City Expo (ICE) ke-21 yang kini tengah berlangsung di Grand City, Surabaya.

Sima juga ditemani Kakang dan Mbakyu Kota Malang tampil di booth Kota Malang dalam ekso kota Indonesia yang akan berlangsung sampai Sabtu (10/5) itu. Penampilan mereka  dalam pameran yang merupakan rangkaian Musyawarah Nasional (Munas) VII Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ini membawa misi: menunjukkan kesiapan Kota Malang sebagai salah satu tuan rumah Porprov IX Jatim.

Tak pelak, kehadiran Sima menjadi pusat perhatian hadirin yang tak lain Wali Koya dari seluruh Indonesia. Wujudnya yang atraktif, dipadukan dengan desain visual yang mencerminkan karakter khas Malang, membuat banyak pengunjung dan delegasi kota lain antusias untuk berinteraksi. Tidak sedikit yang mengabadikan momen bersama maskot ini.

BACA JUGA:Pemerintah Targetkan Koperasi Merah Putih Mulai Operasi 28 Oktober Mendatang

Inspirasi Kolaboratif

Menurut Wali Kota Malang Wahyu Hidayat,  perkenalan Sima di forum APEKSI merupakan bagian dari strategi sosialisasi nasional. Misinya, agar semangat Porprov tidak hanya digaungkan di lingkup lokal, tapi juga menjadi inspirasi kolaboratif antar daerah.

“Dengan tampilnya SIMA, kami ingin menyampaikan bahwa Kota Malang siap menjadi tuan rumah yang ramah, antusias, dan penuh semangat kebersamaan,” ujar Wahyu saat mengunjungi booth Kota Malang.

BACA JUGA:Indonesia Tuan Rumah Dua Kejuaraaan Dunia Bola Basket, U-17 Wanita dan U-19 Pria

Lebih lanjut, Wahyu menegaskan bahwa Sima bukan sekadar maskot visua. Tapi mewakili semangat Malang dalam menyambut prestasi dan pertemuan antar atlet dari seluruh Jawa Timur. 

Di ICE 2025, Pemkot Malang juga menyelenggarakan berbagai kegiatan interaktif untuk menarik perhatian pengunjung, seperti kuis seputar Porprov dan pembagian merchandise eksklusif bertema olahraga. Strategi ini tak hanya menghibur, tetapi juga memperluas pemahaman publik terhadap Porprov Jatim IX dan peran aktif Kota Malang di dalamnya.

“Kami ingin Sima menjadi simbol yang melekat di hati masyarakat, sekaligus membangun citra bahwa Kota Malang tidak hanya siap secara fasilitas, tapi juga secara mental dan semangat untuk menjadi tuan rumah yang membanggakan,” tambah Wahyu.

Kampanye Digital

Selain kegiatan offline di ICE, Pemkot Malang juga mengintensifkan promosi SIMA melalui media sosial resmi seperti Instagram, TikTok, dan kanal YouTube. Kampanye digital ini diharapkan mampu menjangkau generasi muda dan komunitas olahraga di seluruh wilayah Jawa Timur.

BACA JUGA:Kota Malang Juga Siapkan Atraksi Wisata dan Layanan Kesehatan untuk Porprov IX, Kesiapan Sudah 90 Persen

Dengan mengangkat maskot Sima ke panggung nasional melalui APEKSI, Kota Malang membuktikan keseriusan dalam menyukseskan Porprov Jatim IX 2025. Tak hanya sebagai tuan rumah, namun juga sebagai pelopor promosi inovatif yang melibatkan seluruh elemen masyarakat.

Porprov kali ini diharapkan tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga momentum membangun solidaritas, pertumbuhan ekonomi lokal, dan branding kota di tingkat regional hingga nasional. (*)

Sumber: malangkota.go.id

Berita Terkait